alexa snippet

Rouhani dan Rivalnya Maju Pilpres Iran, Ahmadinejad Didiskualifikasi

Rouhani dan Rivalnya Maju Pilpres Iran, Ahmadinejad Didiskualifikasi
Mantan Presiden Mahmoud Ahmedinejad didiskualifikasi dalam penjaringan calon presiden Iran. Foto / REUTERS/ Asmaa Waguih
A+ A-
TEHERAN - Presiden Hassan Rouhani dan rivalnya dari kubu garis keras Ebrahim Raisi disetujui untuk mencalonkan diri dalam pemilihan presiden (pilpres) Iran bulan Mei mendatang. Sedangkan mantan Presiden Mahmoud Ahmadinejad didiskualifikasi.

Rouhani dan Raisi dinyatakan lolos kualifikasi untuk maju pilpres oleh Dewan Pelindung, sebuah badan pemeriksa pemerintah. Keduanya lolos untuk bertarung dalam pilpres Iran setelah mendapat dukungan dari Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei.

Empat kandidat lainnya, sebagaimana dilansir Reuters, Jumat (21/4/2017), juga dinyatakan lolos untuk mencalonkan diri sebagai presiden. Dua dari mereka adalah Wakil Presiden Iran Eshaq Jahangiri dan Wali Kota Teheran Mohammad Baqer Qalibaf.

Khamenei sebelumnya telah menasihati Ahmadinejad untuk tidak mencalonkan diri. Namun, Ahmadinejad nekat maju.

Separuh dari anggota Dewan Pelindung ditunjuk oleh Khamenei. Didiskualifikasinya Ahmadinejad sekaligus membuktikan bahwa Khamenei masih memiliki pengaruh kuat di otoritas Iran.

Rouhani dan Raisi kemungkinan akan beradu soal masalah ekonomi dan kesepakatan nuklir yang ditandatangani dengan enam negara kekuatan dunia, termasuk negara-negara Barat. Kubu garis keras Iran selama ini menentang kesepakatan nuklir Teheran.

Dalam beberapa hari terakhir, Raisi, yang ditunjuk oleh Khamenei sebagai kepala yayasan agama, telah berulang kali mengecam kinerja Rouhani di bidang ekonomi.

Khamenei juga mengkritik kinerja ekonomi pemerintah Rouhani dalam pidato baru-baru ini dan meminta pemerintah untuk berbuat lebih banyak untuk mengatasi masalah pengangguran. Sekitar 3,2 juta dari total populasi 80 juta orang tercatat sebagai pengangguran.



(mas)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top