alexa snippet

Takut Diserang AS, Suriah Pindahkan Jet-jet Tempur ke Pangkalan Rusia

Takut Diserang AS, Suriah Pindahkan Jet-jet Tempur ke Pangkalan Rusia
Kapal perang AS USS Porter tembakkan rudal-rudal jelajah Tomahawk pada Jumat (7/4/2017) dengan target pangkalan udara Shayrat, Suriah. Foto / Courtesy U.S. Navy
A+ A-
WASHINGTON - Rezim Suriah memindahkan sebagian besar pesawat jet tempurnya ke sebuah pangkalan udara Rusia di Khmeimim. Menurut pejabat pertahanan Amerika Serikat (AS), Suriah takut jet-jet tempurnya kembali jadi target serangan rudal Pentagon.

Menurut laporan CNN semalam (20/4/2017), pihak berwenang Suriah sebagian pesawat jet tempur ada yang dipindahkan ke sebuah pangkalan udara di Bandara Internasional Bassel Al-Assad, di Latakia, yang juga berdekatan dengan pangkalan udara Khmeimim.

Pemindahan aset tempur rezim Suriah ini terjadi tak lama setelah AS menembakkan sekitar 59 rudal jelajah Tomahawk pada 7 April lalu dengan target pangkalan udara Shayrat, Homs. Pangkalan itu diyakini AS sebagai lokasi dimulainya serangan senjata kimia di Khan Sheikhoun, Idlib.

Serangan AS pada saat itu telah menghancurkan enam jet tempur Suriah dan menewaskan beberapa orang. Namun, versi kepala Pentagon James Mattis, 20 persen dari pesawat tempur Suriah hancur akibat serangan rudal AS.

Khmeimim merupakan pangkalan udara Suriah, namun telah dioperasikan secara eksklusif oleh pasukan Rusia sejak Moskow melakukan intervensi dalam perang sipil Suriah untuk menolong rezim Presiden Bashar al-Assad.

Pemerintah Suriah dan Rusia belum berkomentar atas laporan pemindahan jet-jet tempur rezim Damaskus itu. Pangkalan udara Rusia di Khmeimim jadi lokasi perlindungan yang diandalkan karena dilengkapi sistem rudal pertahanan S-400.

Pihak Pentagon juga belum memberikan keterangan resmi atas laporan pejabatnya.



(mas)
loading gif
Top