Thailand Selatan Diguncang 18 Serangan Serentak, 2 Polisi Luka

Kamis, 20 April 2017 - 16:34 WIB
Thailand Selatan Diguncang 18 Serangan Serentak, 2 Polisi Luka
Thailand Selatan Diguncang 18 Serangan Serentak, 2 Polisi Luka
A A A
BANGKOK - Serangkaian 18 serangan secara bersamaan menyerang polisi Thailan dan pasukan keamanan di Narathiwat, Pattani dan Songkhla, Thailand Selatan. Serangan serentak melukai dua anggota polisi Thailand.

Dalam serangan tersebut, para militan melemparkan granat tangan ke kantor polisi dari sepeda motor yang melaju. Salah satu serangan tersebut menargetkan sebuah kantor polisi di provinsi Narathiwat, mengakibatkan dua polisi terluka akibat ledakan granat.

Polisi setempat percaya bahwa serangan tersebut dilakukan oleh anggota gerakan separatis Muslim yang beroperasi di provinsi-provinsi tersebut seperti dikutip dari Sputniknews, Kamis (20/4/2017).

Provinsi Narathiwat, provinsi paling selatan Thailand, provinsi Yala dan Pattani adalah mayoritas Melayu dan didominasi umat Muslim. Sementara provinsi-provinsi negara bagian lainnya sebagian besar dihuni oleh umat Buddha.

Wilayah selatan telah melakukan pemberontakan sejak tahun 1940-an. Namun kekerasan meningkat pada awal tahun 2000-an, yang menewaskan 6.500 orang selama lebih dari sepuluh tahun. Provinsi-provinsi tersebut dalam keadaan darurat sejak 2004 karena kegiatan para separatis, yang ingin mengembalikan Kesultanan Pattani yang sebelumnya semi independen.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4405 seconds (0.1#10.140)