alexa snippet

6 Mumi Ditemukan di Kuburan Berumur 3.500 Tahun di Mesir

6 Mumi Ditemukan di Kuburan Berumur 3.500 Tahun di Mesir
Para arkolog Mesir menemukan mumi di situs kuburan kuno di dekat Luxor yang berumur 3.500 tahun, Selasa (18/4/2017). Foto / REUTERS / Mohamed Zaki
A+ A-
LUXOR - Arkeolog Mesir menemukan enam mumi, peti mati kayu berwarna-warni dan lebih dari 1.000 patung di sebuah kuburan kuno berumur 3.500 tahun. Lokasi temuan itu berada di dekat Kota Luxor selatan.

Kementerian Purbakala Mesir pada hari Selasa mengatakan makam kuno tersebut ditemukan di Draa Abul Nagaa dekat Kings, lembah terkenal milik seorang bangsawan yang bekerja sebagai hakim dari Dinasti 18.

Direktur Jenderal Purbakala Luxor Mostafa Waziry seperti dilansir Ahram, semalam (18/4/2017), mengatakan bahwa makam itu kemungkinan milik mantan hakim bernama Ou Sarhat.

Situs makam itu terdiri dari ruang persegi panjang mirip pengadilan terbuka dan koridor. Menurut kementerian itu, peti kayu terawat baik dengan hiasan warna-warni ditemukan di aula persegi panjang.

Dua makam lainnya juga ditemukan selama proses penggalian. Para arkeolog kini sedang bekerja untuk mengungkapkan rahasia temuam kuburan kuno tersebut.

Enam mumi juga diteliti untuk menemukan identitas sosok yang meninggal dan penyebab kematian mereka.

Sedangkan 1.000 lebih patung atau “Ushabti” yang ditemukan terdapat ukiran. Beberapa koleksi pot tanah liat, tembikar dalam berbagai bentuk dan ukiran ikut ditemukan para arkeolog.

Kementerian Purbakala Mesir menyebut penemuan itu sebagai hal yang luar biasa karena rata-rata masih utuh.



(mas)
loading gif
Top