PM Inggris Umumkan Jadwal Pemilu Dini

Selasa, 18 April 2017 - 21:38 WIB
PM Inggris Umumkan Jadwal Pemilu Dini
PM Inggris Umumkan Jadwal Pemilu Dini
A A A
LONDON - Perdana Menteri Inggris Theresa May mengumumkan jadwal pemilihan umum dini di Negeri Tiga Singa tersebut. May mengatakan, pemilu di Inggris dijadwalakan akan berlangsung tanggal 8 Juni mendatang.
Dalam sebuah pernyataan, May mengatakan, ia akan segera melaporkan hal ini kepada Parlemen Inggris, dan berharap Parlemen akan menyetujuinya. Tanpa persetujuan Parlemen, pemilu dini, yang merupakan dampak dari Brexit tidak bisa digelar.
"Kita perlu pemilihan umum dan kita perlu satu sekarang. Kita saat ini memiliki kesempatan tersebut, sebelum pembicaraan rinci dimulai. Saya telah menyimpulkan, satu-satunya cara untuk menjamin kepastian dan stabilitas di tahun depan adalah untuk mengadakan pemilihan ini," ucap May, seperti dilansir Al Jazeera pada Selasa (18/4).
Keputusan May ini sejatinya cukup mengejutkan. Pasalnya, dalam beberapa kesempatan sebelumnya, May menyatakan Inggris di bawah kepemimpinannya tidak akan pernah menggelar pemilu dini.
Pemilu di Inggris sendiri awalnya dijadwalkan digelar pada tahun 2020 mendatang. Namun, Brexit memaksa Perdana Menteri Inggris sebelumnya, yakni David Cameron, yang baru memimpin selama dua tahun mengundurkan diri. Cameron kemudian digantikan oleh Mei.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3325 seconds (0.1#10.140)