Skuadron F-35 AS Lakukan Pendaratan Pertama di Eropa

Minggu, 16 April 2017 - 15:42 WIB
Skuadron F-35 AS Lakukan Pendaratan Pertama di Eropa
Skuadron F-35 AS Lakukan Pendaratan Pertama di Eropa
A A A
LONDON - Sebuah skuadron F-35A Lightning II Amerika Serikat (AS) dilaporkan telah mendarat di Eropa. Pesawat generasi terbaru AS itu mendarat di pangkalan udara milik Angkatan Udara Inggris di Lakenheath, kemarin.
Pesawat ini dikerahkan ke Eropa untuk terlibat dalam latihan gabungan NATO yang akan berlangsung dalam waktu dekat. Latihan gabungan ini ditujukan untuk menghalau ancaman yang datang ke Eropa, khususnya dari Rusia.
"Kehadiran F-35 mendukung prioritas saya untuk memiliki pasukan siap dan sudah ditempatkan di sini, di Eropa,” kata komandan AS untuk NATO, Curtis M. Scaparrotti dalam sebuah pernyataan resmi.
“Pesawat ini, didukung para kru pria dan wanita yang mengoperasikannya, membentengi kapasitas dan kemampuan dari aliansi NATO," sambungnya, seperti dilansir Russia Today pada Minggu (16/4).
Sementara itu, kepala pangkalan udara Lakenheath, Jenderal Tod D. Wolters menuturkan, kedatangan pesawat ini sangat krusial bagi Eropa, khususnya NATO. Adanya pesawat ini, lanjut Wolters, bisa memperkuat kekuatan NATO dalam mempertahankan kedaulatan negara-negara anggotanya.
Pengerahan ini sendiri menandai pertama kalinya F-35A membuat penampilan di Eropa, meskipun beberapa negara sudah menggunakan mereka sebagai bagian dari armada udara mereka.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4630 seconds (0.1#10.140)