Irjen Kementan Dorong Komitmen Kepala Daerah Jaga Alih Fungsi Lahan Pertanian

Jum'at, 08 September 2023 - 08:06 WIB
loading...
Irjen Kementan Dorong Komitmen Kepala Daerah Jaga Alih Fungsi Lahan Pertanian
Inspektur Jenderal (Irjen) Kementan Jan S Maringka. Foto/MPI/Subhan Sabu
A A A
MANADO - Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Pertanian berharap adanya komitmen kepala daerah untuk menjaga agar fungsi lahan pertanian harus tetap terjaga dan mengendalikan alih fungsi lahan dalam rangka ketahanan pangan menuju kedaulatan pangan

Inspektur Jenderal (Irjen) Kementan Jan S Maringka mengatakan dengan adanya penandatanganan peraturan daerah agar komitmen setiap daerah menjaga agar lahan-lahan pertanian tetap terjaga dari pembangunan infrastruktur.



”Pembangunan infrastruktur boleh terus berjalan tapi tetap menjaga lahan pertanian. Jadi ada komitmen dari kepala daerah menjaga agar yang namanya fungsi lahan pertanian ini harus tetap terjaga,” kata Jan S Maringka, Jumat (8/9/2023).

Selain itu, kata dia, Itjen Kementan mengingatkan kembali kepada kepala-kepala desa untuk bekerja sama dengan Kementerian Desa dan Kementerian Dalam Negeri bahwa ada alokasi minimal 20 persen Dana Desa untuk kegiatan pertanian.



”Kita bisa membayangkan 70 ribu desa di Indonesia memiliki lumbung desanya sendiri. Dengan adanya lumbung Desa dia akan bisa menjaga lumbung di tingkat daerah hingga nasional yang otomatis membentuk kelompok dari Desa untuk Indonesia,” tegasnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1972 seconds (0.1#10.140)