China Dorong Semua Warganya Berpartisipasi dalam Kegiatan Kontra-Spionase

Kamis, 07 September 2023 - 14:30 WIB
loading...
A A A
Selain kesuraman ekonomi, hubungan China dengan negara-negara Barat semakin tegang. Menurut laporan New York Times, pergantian pejabat yang tidak dapat dijelaskan pada tingkat kekuasaan tertinggi–termasuk pemecatan mendadak menteri luar negeri China dan dua jenderal tingkat tinggi di bulan Juli–menunjukkan bahwa Xi mungkin takut akan ancaman terhadap kendalinya.

UU Anti-Spionase


Juli lalu, China merevisi undang-undang anti-spionase untuk memperluas cakupan kegiatan yang dianggap sebagai aktivitas mata-mata. Mereka menawarkan imbalan puluhan ribu dolar kepada orang-orang yang melaporkan kegiatan spionase.

Meski seruan untuk kewaspadaan massal telah menginspirasi kewaspadaan secara luas, masih belum jelas sejauh mana hal ini dapat diterjemahkan menjadi tindakan nyata di lapangan.

Bulan lalu, pihak berwenang China telah mengumumkan penangkapan setidaknya empat mata-mata, termasuk dua pria yang direkrut oleh CIA Amerika Serikat (AS). Namun beberapa kasus tampaknya merupakan kasus lama yang baru diumumkan, seperti penangkapan pasangan suami istri pada tahun 2019.

Otoritas China juga mengatakan awal tahun ini bahwa mereka telah menjatuhkan hukuman penjara seumur hidup kepada seorang warga negara Amerika Serikat atas tuduhan spionase.

Masih menurut laporan New York Times, pihak berwenang China juga menangkap seorang editor surat kabar tingkat tinggi China ketika dirinya sedang makan malam dengan seorang diplomat Jepang.
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0721 seconds (0.1#10.140)