Polisi Norwegia Berhasil Jinakkan Bom di Luar Stasiun Oslo

Minggu, 09 April 2017 - 13:03 WIB
Polisi Norwegia Berhasil Jinakkan Bom di Luar Stasiun Oslo
Polisi Norwegia Berhasil Jinakkan Bom di Luar Stasiun Oslo
A A A
OSLO - Pihak kepolisian Norwegia berhasil menjinakkan bahan peledak yang ditemukan di daerah yang sibuk di pusat Ibu Kota Oslo. Otoritas keamanan juga berhasil menangkap tersangka.

Kepala polisi Vidar Pedersen menegaskan bahwa perangkat, yang awalnya digambarkan seperti bom, adalah bahan peledak. Akun Twitter polisi Norwegia mengatakan bahan peledak itu telah dijinakkan atau dinetralkan.

Polisi di Ibu Kota Norwegia tidak memberikan rincian tentang tersangka atau informasi lebih lanjut tentang perangkat tersebut seperti dikutip dari Belfast Telegraph, Minggu (9/4/2017).

Pedersen mengatakan perangkat itu ditemukan di jalan di luar stasiun bawah tanah Groenland. Aparat kepolisian kemudian mengungsikan orang-orang dari bar dan restoran.

"Setiap restoran sedag ditutup. Anda bisa melihat polisi dengan baju pelindung ada di setiap toko dan restoran," kata seorang warga Malin Myrvold.

"Kami mencoba untuk melihat apa yang sedang terjadi. Polisi berteriak pada kami untuk kembali ke dalam dan tetap diam di tempat kami berada," imbuh Myrvold yang menyaksikan dari jendela lantai empat.

Insiden terbaru ini terjadi kurang dari satu mil dari gedung-gedung pemerintah yang rusak dalam serangan bom mematikan yang dilakukan oleh ekstremis sayap kanan Anders Breivik pada tahun 2011. Tidak hanya itu, Breivik juga membantai 77 orang.

Norwegia dalam siaga tinggi setelah serangan truk di negara tetangga mereka Swedia pada hari Jumat lalu. Serangan di ibukota Stockholm itu menewaskan empat orang dan melukai 15 lainnya.

Tersangka pelaku penyerangan, warga Uzbekistan, telah ditangkap. Tidak jelas apakah dia juga seorang warga negara Swedia atau penduduk atau berapa lama ia telah di negara itu.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4870 seconds (0.1#10.140)