Protes Homophobia, Laki-Laki Belanda Berfoto Sambil Gandengan Tangan

Kamis, 06 April 2017 - 14:06 WIB
Protes Homophobia, Laki-Laki Belanda Berfoto Sambil Gandengan Tangan
Protes Homophobia, Laki-Laki Belanda Berfoto Sambil Gandengan Tangan
A A A
AMSTERDAM - Kaum laki-laki Belanda beramai-ramai mengupload foto diri mereka tengah bergandengan tangan di media sosial untuk melawan homophobia. Aksi ini dipicu dugaan serangan terhadap dua pria gay di sebuah jalan di Belanda pada akhir pekan lalu.

Dikutip dari BBC, Kamis (6/4/2017), foto-foto tersebut disebar dengan hashtag #handinhand dan #allemannenhandinhand. Aksi protes ini diikuti oleh politisi, selebriti, pundit sepak bola, dan pekerja di seluruh Belanda dan di luar negara itu.

Jasper Vernes-Sewratan dan Ronnie Sewratan-Vernes mengatakan mereka diserang oleh sekelompok orang di Arnhem, di timur negara itu pada Minggu dini hari. Kejadian yang menimpa mereka dipublikasikan secara luas. Mereka juga muncul di acara talk show Pauw pekan ini, di mana mereka menyatakan mereka diserang ketika saling berpegangan tangan.

Pengacara dari salah satu tersangka pelaku penyerangan juga muncul di acara itu, kemudian dalam seminggu, mengklaim pasangan tersebut melakukan penyerangan terlebih dahulu. Pasangan ini dengan tegas membantah tuduhan tersebut.

Menurut media Belanda, pasangan gay di Amsterdam dan Eindhoven juga melaporkan penyerangan karena seksualitas mereka selama akhir pekan. Di beberapa bagian dunia, termasuk India dan beberapa negara Afrika, pria umumnya berpegangan tangan, untuk menunjukkan tanda persahabatan dan rasa hormat.

Belanda adalah negara pertama di dunia yang melegalkan pernikahan sesama jenis pada tahun 2001.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4548 seconds (0.1#10.140)