Malaysia Diduga Pulangkan 3 Tersangka Korut tapi Tahan Siti Aisyah

Jum'at, 31 Maret 2017 - 14:53 WIB
Malaysia Diduga Pulangkan 3 Tersangka Korut tapi Tahan Siti Aisyah
Malaysia Diduga Pulangkan 3 Tersangka Korut tapi Tahan Siti Aisyah
A A A
KUALA LUMPUR - Pihak berwenang Malaysia diduga memulangkan tiga tersangka kasus pembunuhan Kim Jong-nam asal Korea Utara (Korut). Namun, tersangka asal Indonesia, Siti Aisyah, 25, masih ditahan.

Ketiga tersangka kasus pembunuhan kakak tiri diktator Kim Jong-un itu diduga dipulangkan bersama pengiriman jasad Kim Jong-nam melalui pesawat MH360. Jasad Kim Jong-nam dikirim ke Korut untuk ditukar dengan sembilan warga Malaysia yang disandera otoritas Pyongyang setelah kedua negara bersitegang.

Mengutip laporan Reuters, Jumat (31/3/2017), foto-foto tersangka asal Korut yang diduga dipulangkan oleh Malaysia telah dipublikasikan media Jepang, Kyodo. Dua dari mereka adalah Hyon Kwang Song (sekretaris kedua di Kedutaan Korut di Kuala Lumpur) dan Kim Uk Il (seorang karyawan dari maskapai Air Koryo).

Ketiga tersangka itu terlihat berada di pesawat MH360 yang menuju Beijing, semalam. Pesawat itu pula yang membawa jasad Kim Jong-nam. Usai tiba di Beijing, jasad abang tiri Kim Jong-un itu akan diterbangkan ke Pyongyang.

Foto ketiga tersangka itu cocok dengan foto para tersangka yang pernah dirilis Kepolisian Diraja Malaysia. Ketiga tersangka selama ini bersembunyi di Kedutaan Korut. Namun, belum ada konfirmasi resmi baik dari pemerintah maupun Kepolisian Diraja Malaysia soal ketiga orang yang berada di pesawat yang sama dengan jasad kakak tiri Kim Jong-un.

Ada empat tersangka asal Korut lainnya yang telah melarikan diri setelah pembunuhan pada 13 Februari 2017 lalu. Empat tersangka ini disebut-sebut sebagai agen intelijen Korut yang diduga memberi perintah para tersangka, termasuk Siti Aisyah.

Keputusan Malaysia yang diduga memulangkan para tersangka asal Korut itu menjadi sorotan media-media internasional. Terlebih, tersangka asal Indonesia dan tersangka asal Vietnam masih ditahan di Kuala Lumpur.

Siti Aisyah, wanita asal Serang, diduga hanya sebagai korban dalam kasus ini. Siti mengaku tidak tahu jika aksinya untuk membunuh kakak tiri Kim Jong-un. Dia mengaku hanya ikut syuting adegan lelucon dengan imbalan uang. Siti diberi cairan oleh seseorang mirip minyak bayi yang oleh polisi Malaysia dikonfirmasi sebagai racun VX, racun pembunuh Kim Jong-nam.

Siti tidak mengoleskan cairan itu ke wajah korban. Dia hanya mengalihkan perhatian korban saat diserang tersangka asal Vietnam, Doan Thi Huong, 28.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3382 seconds (0.1#10.140)