Serangan Udara Hantam Penjara Suriah, 16 Tewas

Sabtu, 25 Maret 2017 - 16:37 WIB
Serangan Udara Hantam Penjara Suriah, 16 Tewas
Serangan Udara Hantam Penjara Suriah, 16 Tewas
A A A
DAMASKUS - Setidaknya 16 orang tewas setelah serangan udara pada Jumat malam menghantam sebuah penjara yang dikuasai pejuang Suriah di Idlib. Menurut Obeservatorium Suriah untuk HAM (SOHR) korban tewas termasuk dua tahanan dan staf.

SOHR mengatakan, berdasarkan informasi yang diterima, beberapa dari korban tewas ditembak mati ketika mencoba melarikan diri dari penjara setelah serangan udara menghamtam salah satu sisi penjara. Dua sipir berada di antara 16 korban tewas seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (25/3/2017).

Idlib adalah salah satu benteng yang paling penting dari pejuang Suriah, termasuk faksi jihad, yang berusaha untuk menggulingkan Presiden Bashar al-Assad. Angkatan Udara Suriah, bersama sekutunya Rusia, kerap membombardir basis pejuang di sana.

Populasi Idlib, yang terletak di barat laut Suriah, telah membengkak oleh pengungsi. Termasuk mereka yang telah meninggalkan daerah kantong-kantong pemberontak di tempat lain. Mereka dipaksa untuk menyerah dan mengungsi.

Sementara bagian ladi dari Idlib dikendalikan oleh pemberontak yang didukung oleh Turki, termasuk faksi yang berperang di bawah bendera Tentara Pembebasan Suriah. Daerah lain didominasi oleh kelompok garis keras Islam Ahrar al-Sham dan aliansi jihad Tahrir al-Sham.

Komponen terkuat Tahrir al-Sham adalah bekas kelompok Front al-Nusra, yang merupakan cabang resmi al-Qaeda di Suriah sampai memutuskan hubungan pada tahun lalu.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4092 seconds (0.1#10.140)