AS-Korsel Gelar Latihan Gabungan, Korut 'Curhat' ke PBB

Jum'at, 24 Maret 2017 - 16:40 WIB
AS-Korsel Gelar Latihan Gabungan, Korut Curhat ke PBB
AS-Korsel Gelar Latihan Gabungan, Korut 'Curhat' ke PBB
A A A
NEW YORK - Korea Utara (Korut) "curhat" kepada PBB terkait dengan latihan gabungan yang dilakukan oleh Korea Selatan (Korsel) dan Amerika Serikat (AS) di Semenanjung Korea. "Curhat" tersebut disampaikan Korut melalui sebuah surat yang ditujukan kepada Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Gueteres.
"Perwakilan Tetap Korut untuk PBB mengirim surat kepada Sekjen PBB pada 22 Maret karena situasi di Semenanjung Korea yang disebabkan oleh latihan militer terbesar dalam sejarah yang dilakukan AS dan Korsel," kata perwakilan Korut di Moskow.
"Surat itu memberikan rincian mengenai skala, tujuan dan bahaya bersama latihan militer AS-Korsel," sambungnya dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Sputnik pada Jumat (24/3).
Pada tanggal 1 Maret, AS dan Korsel meluncurkan latihan militer yang disebut sebagai "Foal Eagle". Latihan ini melibatkan Angkatan Udara, Angkatan Laut, dan Angkatan Darat kedua negara. Latihan ini dijadwalkan akan berjalan hingga April.
Menurut Robert Wood, wakil tetap AS untuk Konferensi Perlucutan Senjata, latihan itu bertujuan menjaga stabilitas di semenanjung Korea. Namun, perwakilan Cina untuk Konferensi Perlucutan Senjata memperingatkan bahwa manuver akan menyebabkan eskalasi lebih lanjut di wilayah tersebut.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3441 seconds (0.1#10.140)