Pertama Dalam 3 Dekade, Presiden Prancis Kunjungi Indonesia

Kamis, 23 Maret 2017 - 17:11 WIB
Pertama Dalam 3 Dekade, Presiden Prancis Kunjungi Indonesia
Pertama Dalam 3 Dekade, Presiden Prancis Kunjungi Indonesia
A A A
JAKARTA - Presiden Prancis Francois Hollande dilaporkan akan melakukan kunjungan ke Indonesia pada pekan depan. Kunjungan Hollande ini merupakan kunjungan Presiden Prancis pertama dalam kurun waktu 30 tahun terakhir ke Indonesia.
"Ini adalah kunjungan kenegaraan. Kunjungan ini cukup historis, karena ini adalah kunjungan pertama dalam 30 tahun terakhir," ucap juru bicara Kementerian Luar Negeri Indonesia, Arrmanantha Nassir pada Kamis (23/3).
"Fokusnya sektor ekonomi, 30-40 pengusaha akan mendampingi Hollande. Untuk Indonesia, Prancis adalah mitra strategis, kolaborasi Indonesia dan Prancis erat di ekonomi atau politik. Dari sisi ekonomi, Prancis adalah mitra kita di Eropa dalam memperjuangkan produk kepala sawit," sambungnya.
Dari sisi politik, lanjut Arrmanantha, kedua negara adalah negara yang fokus dalam memperjuangkan kemerdekaan Palestina. Prancis merupakan negara inisiator konfrensi perdamaian Israel-Palestina.
"Kita sangat dekat dengan Prancis dan menyambut baik langkah yang diambil Prancis, khususnya dalam melaksanakan konferensi internasional soal Prancis, pentingnya memperjuangkan kemerdekaan Palestina melalui solusi dua negara," ucapnya.
Sementara itu, menurut Direktur Eropa I Kemlu RI, Dino R. Kusnadi, kunjungan Hollande ke Indonesia adalah bagian dari tur Asia Tenggara. Sebelum ke Indonesia, Hollande akan lebih dulu mengunjungi Singapura dan Malaysia.
"Hasil dari kunjungan ini adalah dua deklarasi, yakni maritim dan ekonomi kreatif. Penguatan dari kerjasama strategis kita. Dua menteri, Menteri Pertahanan dan Menteri Muda Digital dan Inovasi akan mendampingi Hollande. Kedua menteri juga akan menandatangani sejumlah MoU kerjasama di sejumlah bidang, di bidang pembangunan urban berkelanjutan, ristek dikti, kelautan perikanan dan pariwisata," ucapnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3051 seconds (0.1#10.140)