Serangan Udaranya Hantam Masjid, Militer AS Lakukan Investigasi

Rabu, 22 Maret 2017 - 13:28 WIB
Serangan Udaranya Hantam Masjid, Militer AS Lakukan Investigasi
Serangan Udaranya Hantam Masjid, Militer AS Lakukan Investigasi
A A A
WASHINGTON - Militer Amerika Serikat (AS) secara resmi telah memulai investigasi atas serangan udara yang dilaporkan menghantam sebuah masjid di Aleppo dan menewaskan 49 warga sipil. Para pejabat AS sebelumnya mengatakan serangan tersebut menargetkan puluhan milisi al-Qaeda.

Baca Juga: Serangan Udara Hantam Masjid di Aleppo, 42 Tewas

Pusat Komando militer AS telah memulai dua investigasi. Pertama untuk menentukan apakah ada bukti kredibel bahwa warga sipil tewas dalam serangan itu. Kedua melakukan penyelidikan lebih luas ke dalam keseluruhan operasi dan apakah bangunan yang menjadi sasaran serangan bagian dari kompleks masjid milik Omar bin al-Khatab.

"Kami mengambil langkah-langkah luar biasa untuk mengurangi hilangnya nyawa warga sipil dalam operasi kami. Kami menyadari adanya klaim korban sipil," kata juru bicara Departemen Pertahanan, Eric Pahon, disitat dari New York Times, Rabu (22/3/2017).

Juru bicara Pusat Komando AS, Kolonel John J. Thomas mengatakan, kredibilitas penilaian investigasi akan melihat ke pertanyaan korban sipil. Penyelidikan lebih luas, katanya, akan berusaha untuk memperjelas tujuan dari bangunan yang dibom, serta apakah itu digunakan oleh orang lain selain anggota al-Qaeda.

"Kami sedang menyelidiki karena kami ingin melihat ke dalamnya dan mencari tahu apakah kita bisa belajar apa-apa," katanya.

Penyidik ??Tunjukkan Foto, Pentagon Sangkal Mengebom Masjid Aleppo
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4851 seconds (0.1#10.140)