alexa snippet

Diperiksa Kasus Korupsi, Mantan Presiden Korsel Minta Maaf

Diperiksa Kasus Korupsi, Mantan Presiden Korsel Minta Maaf
Mantan presiden Korsel, Park Geun-hye, tiba di gedung kejaksaan untuk diperiksa sebagai tersangka kasus korupsi. Foto/REUTERS/Kim Hong-Ji
A+ A-
SEOUL - Presiden Korea Selatan (Korsel) yang dimakzulkan, Park Geun-hye, meminta maaf kepada negaranya saat tiba di kantor kejaksaan. Park menyambangi kantor kejaksaan Korsel untuk diperiksa sebagai tersangka dalam penyelidikan kasus korupsi saat ia menjadi presiden.

"Saya minta maaf kepada rakyat Korsel. Saya akan bekerja sama saat diperiksa," kata Park di depan media di tangga gedung kantor kejaksaan. Ini adalah komentar pertamanya langsung ke publik sejak ia dimakzulka pada 10 Maret lalu seperti dikutip dari Reuters, Selasa (21/3/2017).

Park datang ke kejaksaan dengan didampingi oleh dua pengacaranya. Salah satu pengacara Park adalah Yoo Yeong-ha, dikenal sebagai "Bulletproof Vest". Ia telah menjadi pengacara Park sejak awal skandal itu terkuak pada bulan Oktober.

"Park di beri teh di ruang istirahat lantai 10 sebelum masuk untuk sesi pertama dari interogasi oleh dua jaksa dan seorang pejabat penyelidikan," kata jaksa dalam sebuah pernyataan.

"Park menolak telah menanyainya direkam oleh kamera video," imbuh jaksa.

Park Geun-hye menjadi presiden Korsel pertama yang dimakzulkan setelah terpilih secara demokratis. Mahkamah Konstitusi Korsel menguatkan keputusan parlemen untuk memakzulkan Geun-hye pada bulan Desember lalu.

Park dituduh telah berkolusi dengan temannya, Choi Soon-sil, untuk memeras perusahaan besar guna disumbangkan ke dua yayasan yang mendukung kebijakannya. Park telah membantah melakukan apa yang dituduhkan tersebut dan belum didakwa dalam kasus ini. Choi juga telah membantah melakukan hal itu.

Namun, Park kehilangan kekebalannya sebagai presiden ketika ia dimakzulkan. Park pun terancam hukuman lebih dari 10 tahun penjara jika terbukti bersalah menerima suap dari bos konglomerat besar, termasuk dari bos Samsung Jay Y. Lee, dengan imbalan bantuan.



(ian)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top