alexa snippet

Pekan Depan, Inggris Mulai Proses Keluar dari UE

Pekan Depan, Inggris Mulai Proses Keluar dari UE
Pemerintah Inggris dilaporkan akan memulai proses resmi keluar dari Uni Eropa (UE) pada pekan depan. Foto/Istimewa
A+ A-
BRUSSELS -  Pemerintah Inggris dilaporkan akan memulai proses resmi keluar dari Uni Eropa (UE) pada pekan depan. Keseluruhan proses ini diperkirakan akan membutuhkan waktu hingga dua tahun.

Departeman yang khusus mengurusi masalah keanggota UE mengatakan, Duta Besar Inggris untuk UE, Tim Barrow, telah memberitahu Presiden Dewan Eropa Donald Tusk mengenai hal ini. Inggris akan secara resmi memulai proses ini pada tanggal 29 Maret mendatang.

Melansir Al Jazeera pada Senin (20/3), pemberitahuan tersebut memicu Pasal 50 perjanjian kunci UE, yang akan datang dalam bentuk surat yang dikirim ke Tusk.

"Kita berada di ambang negosiasi yang paling penting bagi negara ini untuk satu generasi. Pemerintah jelas dalam tujuannya: kesepakatan yang bekerja untuk setiap bangsa dan wilayah Inggris dan memang untuk seluruh Eropa yang baru, kemitraan positif antara Inggris dan teman-teman dan sekutu di UE," kata pejabat Inggris yang mengurusi masalah Brixit, David Davis.

Proses ini sendiri diperkirakan akan menimbulkan goncangan, bukan hanya untuk Inggris dan untuk negara UE. Hal ini dikarenakan, sejak UE berdiri dua dekade lalu, belum pernah ada satupun negara anggota UE yang mengaktifkan pasa 50 UE, sebagai tanda keluarnya salah satu negara dari UE.

Mulai pekan depan, Inggris dan UE akan terlibat dalam negosiasi panjang mengenai mekanisme keluarnya Inggris dari UE. Selain itu, kedua pihak juga akan terlibat negosiasi mengenai hubungan kerjasama antara Inggris dan UE paska Brexit.




(esn)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top