Rusia: Kecelakaan Pesawat Bos Wagner Prigozhin Mungkin Disengaja

Kamis, 31 Agustus 2023 - 20:30 WIB
loading...
Rusia: Kecelakaan Pesawat Bos Wagner Prigozhin Mungkin Disengaja
Pekerja darurat di lokasi jatuhnya jet pribadi Evgeny Prigozhin. Foto/Sputnik/Mikhail Tsaryuk
A A A
MOSKOW - Penyelidik Rusia tidak mengesampingkan adanya pelanggaran dalam kecelakaan pesawat yang menewaskan bos Wagner Group Evgeny Prigozhin.

Tak hanya itu, penyelidik Rusia akan mempertimbangkan setiap skenario yang mungkin terjadi, menurut juru bicara Kremlin Dmitry Peskov kepada wartawan.

“Jelas ada versi yang berbeda dan sedang dipertimbangkan. Diantaranya adalah yang (melibatkan) kekejaman yang disengaja,” ujar dia pada Rabu (30/8/2023).

Dia mendesak media menunggu kabar resmi dari penyelidik.

Ketika ditanya tentang laporan Reuters, yang menyatakan Moskow menolak tawaran bantuan dari otoritas penerbangan Brasil, Peskov mengatakan tidak ada diskusi mengenai aspek internasional apa pun dan mengindikasikan penyelidikan akan dilakukan di dalam negeri.

Jet bisnis yang jatuh di Wilayah Tver Rabu pekan lalu diproduksi perusahaan pesawat Brasil Embraer.
Kesepuluh orang di dalamnya tewas, termasuk bos Wagner dan beberapa rekan terdekatnya.

Karena penerbangan tersebut dilakukan dalam negeri, Rusia tidak berkewajiban menyelidiki kecelakaan tersebut berdasarkan aturan internasional, Reuters mencatat dalam laporannya.

Insiden internasional biasanya diawasi di bawah wewenang Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO) dan melibatkan produsennya.

“Jika mereka mengatakan akan membuka penyelidikan dan mengundang Brasil, kami akan berpartisipasi dari jauh,” ujar Brigadir Udara Marcelo Moreno, yang mengepalai Pusat Penelitian dan Pencegahan Kecelakaan Penerbangan (CENIPA) Brasil, kepada kantor berita tersebut.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1045 seconds (0.1#10.140)