alexa snippet

Sebut Obama "Idiot", Duterte Pikir Trump Dukung Perang Narkoba

Sebut Obama Idiot, Duterte Pikir Trump Dukung Perang Narkoba
Presiden Filipina Rodrigo Duterte kembali menghina mantan presiden AS Barack Obama dengan menyebutnya idiot. Foto / REUTERS / Erik De Castro
A+ A-
NAYPYIDAW - Presiden Filipina Rodrigo Duterte kembali menghina mantan presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama dengan menyebutnya sebagai orang “idiot” terkait pendekatan dengan negaranya. Duterte berpikir Presiden Donald Trump telah mendukungnya dalam perang melawan narkoba di Filipina.

”Pemerintahan masa lalu, setiap kali mereka membuat laporan ke setiap forum atau tempat di sana, mereka melakukan penelitian tentang pelanggaran hak asasi manusia di tengah ancaman  ‘Anda kehilangan bantuan yang diberikan kepada Anda setiap tahun’,” kata Duterte dalam kunjungan dua hari ke Myanmar hingga hari Senin (20/3/2017).

Presiden Filipina ini mengaku muak dengan tuduhan Obama dan para pejabat AS terkait pelanggaran HAM dalam perang Narkoba. Duterte menginginkan dialog yang konstruktif.

”Itu datang ke titik yang berulang, Obama mengatakan (ini), departemen negara (AS) mengatakan (ini), dan semua orang di sana adalah seorang idiot,” katanya.

”Jadi kita melangkah maju, Anda bisa pergi ke neraka. Anda dapat makan bantuan Anda; kita tidak membutuhkannya; kita akan bertahan hidup,” ujarnya menyindir pemerintah AS era Obama.

”Jadi saya melangkah, untuk sekarang, saya akan beradaptasi pada kebijakan luar negeri yang bebas dan saya akan berurusan dengan negara manapun yang saya suka,” kata Presiden Duterte di Horizon Lake View Resort di Naypyidaw pada hari Minggu.

Duterte mengaku lebih tertarik dengan pemerintah Donald Trump.”Di bawah pemerintahan Trump, saya akan memberikan semua, apa pun itu,” ujarnya, seperti dikutip Russia Today.

Sikap Duterte ini tak lepas dari dukungan Trump kepadanya dalam perang melawan narkoba ketika pemerintah AS era Obama mengkritiknya.
(mas)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top