alexa snippet

Korsel: Tes Mesin Rudal Terbaru Korut Kemajuan yang Berarti

Korsel: Tes Mesin Rudal Terbaru Korut Kemajuan yang Berarti
Korea Selatan menilai tes mesin rudal Korea Utara merupakan kemajuan yang berarti bagi rezim Kim Jong-un. Foto / REUTERS
A+ A-
SEOUL - Pemerintah Korea Selatan (Korsel) pada Senin (20/3/2017) mengatakan, tes mesin rudal atau roket terbaru Korea Utara (Korut)  menunjukkan kemajuan yang berarti. Uji coba mesin rudal itu dilakukan Korut di di stasiun peluncur rudal, Tongchang-ri.
 
”Melalui tes ini, ditemukan bahwa fungsi mesin telah membuat kemajuan yang berarti, tetapi analisis lebih lanjut diperlukan,” kata wakil juru bicara Kementerian Pertahanan Korsel Lee Jin-woo, seperti dikutip Reuters.

Sebelumnya, media pemerintah Korut, KCNA, melaporkan bahwa kesuksesan uji coba mesin rudal itu disambut baik oleh pemimpin Korut, Kim Jong-un. Mesin yang diuji diklaim sebagai mesin rudal balistik antarbenua.

Kim Jong-un menyatakan kesuksesan itu sebagai cikal bakal atau awal lahirnya industri rudal Korut. ”Dia mencatat keberhasilan yang dibuat saat uji coba menandai peristiwa besar, bersejarah dan penting karena dinyatakan sebagai kelahiran baru dari industri rudal,” tulis KCNA.

”Dia menekankan, seluruh dunia akan segera menyaksikan apa arti penting dari kemenangan besar uji coba yang berlangsung hari ini dan ke depannya,” lanjut media Korut tersebut.

Uji coba mesin rudal terbaru Korut dilakukan beberapa hari setelah Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson menyatakan AS akan mengubah pendekatan terhadap Korut. Pendekatan baru ini termasuk opsi militer atau perang guna menekan rezim Kim Jong-un.
(mas)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top