alexa snippet

Banjir Besar Landa Peru, 75 Tewas dan 263 Terluka

Banjir Besar Landa Peru, 75 Tewas dan 263 Terluka
Seorang wanita ditarik ke tempat yang aman dalam memanfaatkan zipline di Lima, Peru. Sedikitnya 75 tewas akibat banjir di Peru. Foto/Istimewa
A+ A-
LIMA - Korban tewas akibat banjir besar di Peru yang melanda lebih dari selusin daerah di negara itu mencapai 75 orang dan 263 orang terluka. Demikian laporan dari media lokal yang mengutip pihak yang berwenang terhadap keadaan darurat negara.

Selain itu, banjir juga menyebabkan 20 orang lainnya hilang. Sedikitnya 12 ribu rumah, 25 sekolah, delapan fasilitas kesehatan serta 2.000 kilometer hancur akibat banjir seperti dikutip dari Sputniknews, Senin (20/3/2017).

Pada hari Jumat lalu, Presiden Peru Pedro Pablo Kuczynski telah mengumumkan bahwa sekitar UASD 766 juta akan dialokasikan untuk mengembalikan kondisi negara itu pasca banjir.

Banjir, yang disebabkan oleh fenomena El Nino, menghantam 20 dari Peru 25 daerah. Banjir juga dilaporkan menyebabkan wabah demam berdarah, yang menyerang lebih dari 1.200 orang.

El Nino Southern Oscillation (ENSO) adalah siklus suhu hangat dan dingin dari tropis tengah dan timur Samudera Pasifik. Tahap hangat dari ENSO disebut "El Nino", sementara fase dingin disebut sebagai "La Nina." Fenomena El Nino terjadi pada interval yang tidak teratur, setiap dua sampai tujuh tahun.



(ian)
loading gif
Top