Jurusan Kuliah yang Cocok Menapaki Karier di Kominfo, Ini Bocorannya

Kamis, 31 Agustus 2023 - 14:40 WIB
loading...
Jurusan Kuliah yang Cocok Menapaki Karier di Kominfo, Ini Bocorannya
Ada banyak jurusan kuliah yang lulusan cocok berkarier di Kominfo yang saat ini dipimpin oleh Budi Arie Setiadi (kanan) ini. Foto/laman KemenPAN RB
A A A
JAKARTA - Ini sejumlah jurusan kuliah yang lulusannya cocok berkarier di Kominfo. Apakah kamu bercita-cita untuk bergabung dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) ?

Jika iya, ada beberapa jurusan kuliah yang bisa menjadi pilihan tepat agar lebih mudah masuk ke lembaga yang dulu di era Orba bernama Departemen Penerangan ini. Dirangkum dari berbagai sumber, ini jurusan kuliah yang lulusannya berpotensi gabung di Kominfo

Jurusan Kuliah yang Berpotensi Dibutuhkan di Kominfo

1. Hukum


Siapa bilang sarjana hukum cuma bisa jadi pengacara atau notaris? Kamu juga bisa bekerja di Kementerian Kominfo, lho. Kalau kamu memiliki minimal sarjana hukum, kamu bisa mengisi berbagai posisi di Kominfo.

Sebut saja Analis Advokasi, Analis Berkas Sengketa, Analis Hukum, Analis Kelembagaan, Analis Kerja Sama, atau Analis Penindakan.Ada juga posisi Penyusun Abstraksi Hukum yang bisa diisi oleh jurusan ini.

2. Teknik Informatika/Ilmu Komputer/Sistem Informasi


Sesuai dengan nama kementeriannya, kalau kamu belajar di jurusan Teknik Informatika, Ilmu Komputer, Sistem Informasi, dan jurusan lainnya yang berkaitan, maka ada banyak posisi yang bisa kamu isi di Kominfo. Misalnya, Analis Data dan Informasi, Analis Sistem Informasi, Analis Laporan Hasil Audit, dan Analis Sisitem Informasi dan Jaringan.


Bisa juga sebagai Auditor Ahli Pertama, Peneliti Ahli Pertama, Instruktur Ahli Pertama, Pengendali Frekuensi Radio, Pengendali Teknologi Informasi, Penyuluh Teknik Informatika, dan masih banyak lagi.

3. Komunikasi


Bagi kamu yang belajar Ilmu Komunikasi juga cocok untuk bekerja di Kominfo, lho. Kamu bisa mengisi posisi Analis Kerja Sama, Analis Pengembangan Kinerja, Penyusun Bahan Informasi, Pranata Hubungan Masyarakat Ahli Pertama, dan sebagainya.

4. Ilmu Ekonomi/Manajemen Keuangan/Akuntansi


Jangan salah, jurusan yang berhubungan dengan keuangan juga bisa bekerja di Kementerian Kominfo, kok. Ada banyak posisi yang bisa kamu isi. Misalnya, Analis Perbendaharaan, Analis Perencanaan Anggaran, Penyusun Bahan Informasi, Pengelola Anggaran, Verifikator Keuangan, Pengelola Barang Milik Negara, atau Penyusun Laporan Keuangan.

5. Sastra


Anak sastra juga bisa bekerja di Kementerian Kominfo. Masa, sih? Nah, khusus kamu yang mengambil jurusan Sastra Inggris bisa mengisi posisi sebagai Analis Kerja Sama. Sementara itu, untuk sarjana Sastra Inggris, Sastra Jepang, dan Sastra Mandarin, bisa mengisi posisi sebagai Penerjemah Ahli Pertama di unit kerja Direktorat Pengelolaan Media.

Jurusan Kuliah Lain yang Cocok Kerja di Kominfo

6. Administrasi Publik

7.Administrasi Negara

8.Psikologi

9.Hubungan Internasional

10.Pajak

11.Teknik Elektro

12. Hubungan Masyarakat
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3251 seconds (0.1#10.140)