alexa snippet

Indonesia Masuk 20 Besar Militer Terkuat di Dunia

Indonesia Masuk 20 Besar Militer Terkuat di Dunia
Indonesia, yang berada di peringkat 14, memiliki setidaknya 800 ribu tentara aktif, sekitar 400 tank, 400 pesawat, dan dua kapal selam. Foto/Istimewa
A+ A-
WASHINGTON -
Global Firepower Index kembali merilis 25 besar negara-negara dengan militer terkuat. Dimana, Indonesia saat ini menempati posisi 14 besar dalam daftar yang dirilis setiap tahun tersebut.

Melansir Bussines Insider pada Jumat (17/3),  Global Firepower Index mengurutkan kekuatan dari 106 negara dengan menggunakan sekitar 50 indikator, termasuk didalamya adalah anggaran belanja militer, jumlah tentara yang dimiliki, dan juga jumlah kendaraan tempur yang dimiliki.

Amerika Serikat (AS) kembali menjadi negara dengan militer terkuat di seluruh dunia, disusul oleh Rusia dan juga China. AS memiliki lebih dari 8000 tank, 13 ribu jet tempur, 75 kapal selam, dengan lebih dari 2,5 juta tentara yang aktif.

Sementara itu, Rusia yang diperingkat kedua sejatinya unggul dari jumlah tentara yang aktif yakni dengan 4 juta tentara, dan jumlah tank dengan 14 ribu tank. Namun, Rusia hanya memiliki 3000 jet tempur, dan 60 kapal selam. Selain itu, anggaran belanja kedua sangatlah jauh berbeda, dimana AS memiliki anggaran belanja militer sebesar USD 581 miliar, sedangkan Rusia hanya USD 46 miliar.

Indonesia, yang berada di peringkat 14, memiliki setidaknya 800 ribu tentara aktif, sekitar 400 tank, 400 jet tempur, dan dua kapal selam. Indonesia memiliki anggaran belanja militer sebesar USD 6,9 miliar.

Untuk kawasan Asia Tenggara, kekuatan militer Indonesia adalah nomor satu. Indonesia unggul sedikit dari Vietnam, dan Thailand, namun unggul cukup jauh dari Malaysia atau Singapura.


Indonesia Masuk 20 Besar Militer Terkuat di Dunia




(esn)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top