Joss Stone Nyanyi Lagu Judi, Rhoma Irama Ingin Musik Dangdut Diakui UNESCO

Rabu, 30 Agustus 2023 - 09:35 WIB
loading...
Joss Stone Nyanyi Lagu Judi, Rhoma Irama Ingin Musik Dangdut Diakui UNESCO
Rhoma Irama optimistis musik dangdut sebagai warisan budaya. Penyanyi berjuluk Raja Dangdut itu pun ingin mendaftarkan musik dangdut ke UNESCO. Foto/ Instagram.
A A A
JAKARTA - Rhoma Irama optimistis musik dangdut sebagai warisan budaya. Penyanyi berjuluk Raja Dangdut itu pun ingin mendaftarkan musik dangdut ke UNESCO sebagai salah satu warisan budaya yang perlu diakui.

Ada beberapa alasan Rhoma Irama ingin musik dangdut diakui dunia. Salah satunya saat penyanyi asal Inggris Joscelyn Eve Stocker atau Joss Stone membawakan lagu Judi.



"Inggris sudah mulai suka. Penyanyi Inggris Joss Stone datang ke rumah saya, dia bilang 'I'm one of your fans. Berarti di Inggris sudah banyak dangdut, dan Joss Stone nyanyi lagu Judi di depan saya," kata Rhoma Irama ditemui di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Melihat musisi asing mulai melirik musik dangdut, Rhoma Irama berharap lagu dangdut bakal mendapatkan pasar di luar negeri. Bahkan, belakangan ini sejumlah festival dangdut telah digelar di luar negeri.

"Saya rasa yang kita ketahui di Jepang dan Amerika, di sana sudah ada Persatuan Artis Musik Melayu Indonesia (PAMMI) juga, sudah ada dangdut koboy dan festival dangdut juga," ujar Rhoma Irama .

Rhoma pun bakal terus berjuang agar lagu dangdut dapat diakui UNESCO sebagai warisan budaya. Apalagi, musik aliran dangdut memang telah berjalan hampir satu abad sehingga parlu adanya akselerasi untuk dikenalkan didunia.



"Tentu harapannya sudah pasti seperti itu. Cuma kami meminta Pemerintah ikut serta dalam perjuangan saya selama ini," tutur Rhoma Irama .

"Kenapa saya terus berjuang karena saya ingin dangdut diakui dunia sebagai warisan budaya Tanah Air. Usia musik ini sudah lebih dari 50 tahun, sekarang sudah saatnya," ujar dia lagi.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1193 seconds (0.1#10.140)