Disamakan dengan Nazi, Belanda Desak Turki Minta Maaf

Senin, 13 Maret 2017 - 17:16 WIB
Disamakan dengan Nazi, Belanda Desak Turki Minta Maaf
Disamakan dengan Nazi, Belanda Desak Turki Minta Maaf
A A A
AMSTERDAM - Perdana Menteri Belanda, Mark Rutte mendesak Turki meminta maaf terkait pernyataan yang menyamakan Belanda dengan Nazi. Pernyataan itu dilontarkan oleh Presiden Turki, Tayyip Erdogan.
"Turki harus meminta maaf untuk membandingkan Belanda dengan Nazi. Pernyataan itu tidak dapat diterima dan tidak berkontribusi pada upaya penyelesaian konflik," kata Rutte, seperti dilansir Sputnik pada Senin (13/3).
Seperti diketahui, Erdogan yang marah setelah Belanda melarang pesawat Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu mendarat di negara itu, menyebut Belanda sebagai sisa-sisa Nazi dan kaum fasis. Insiden larangan mendarat pesawat Menlu Turki oleh Belanda itu terjadi pada Sabtu.
”Mereka tidak tahu politik atau diplomasi internasional. (Negara) itu sisa-sisa Nazi, mereka fasis. Melarang Menteri Luar Negeri kami untuk penerbangannya, betapapun Anda suka, tapi dari sekarang, mari kita lihat bagaimana penerbangan Anda akan mendarat di Turki,” ujar Erdogan.
Sementara itu, Rutte kemarin menyatakan tidak ingin mencari keributan dengan Turki. Rutte menuturkan, dia akan melakukan apa yang dia bisa untuk menurunkan tensi hubungan dengan Turki.
Menurut Rutte, pihaknya akan memberikan respon yang memadai jika Turki terus melanjutkan tekanan. Namun, dia berharap Turki tidak melakukan itu, dan pihaknya akan segera mengambil langkah untuk mendinginkan suasana.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3715 seconds (0.1#10.140)