Perbedaan Jadi Faktor Pemersatu Anggota IORA

Minggu, 05 Maret 2017 - 18:49 WIB
Perbedaan Jadi Faktor Pemersatu Anggota IORA
Perbedaan Jadi Faktor Pemersatu Anggota IORA
A A A
JAKARTA - Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri Indonesia, Desra Percaya menyatakan perbedaan yang ada diantara anggota Indian Ocean Rim Association (IORA) menjadi alasan persatuan di kawasan tersebut. Hal itu disampaikan saat membuka pertemuan tingkat pejabat tinggi IORA, yang merupakan awal dari Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) IORA di Jakarta.

“Pengertian bahwa kawasan kita memiliki perbedaan yang besar dengan negara-negara lain dalam hal budaya, luas wilayah, populasi, dan pembangunan ekonomi, faktanya telah menyatukan kita,” ucap Desra.

“Telah diketahui bahwa kerjasama yang kita lakukan membuat kita lebih dekat dan bukan menjadi pemisah kita,” sambung Desra dalam sambutannya pada Minggu (5/3).

KTT IORA di Jakarta sendiri adalah KTT pertama yang digelar oleh asosiasi yang bermarkas di Mauritius itu, sejak asosiasi itu berdiri 20 tahun lalu. KTT ini merupakan inisiatif langsung dari Indonesia, yang menjabat sebagai KTT IORA periode 2015-2017.

Prioritas kerjasama dalam IORA adalah: (i) Keselamatan dan Keamanan Maritim; (ii) Fasilitasi Perdagangan; (iii) Manajemen Perikanan; (iv) Manajemen Risiko Bencana Alam; (v) Kerjasama Akademis dan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi; (vi) Pertukaran Kebudayaan dan Pariwisata.

Di luar prioritas tersebut, IORA juga mengangkat dua cross cutting issues yaitu Blue Economy dan Women Empowerment. Demikian seperti dikutip dari laman resmi Kemlu RI.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4185 seconds (0.1#10.140)