Hadapi Kasus Pemilu 2020, Trump Terbang ke Atlanta untuk Menyerahkan Diri

Jum'at, 25 Agustus 2023 - 06:02 WIB
loading...
Hadapi Kasus Pemilu 2020, Trump Terbang ke Atlanta untuk Menyerahkan Diri
Mantan Presiden AS Donald Trump akan menyerahkan diri di Penjara Fulton Country di Atlanta, Negara Bagian Georgia. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump terbang dari New Jersey pada Kamis (24/8/2023) untuk diambil fotonya di penjara Atlanta. Itu sebagai bagian dari kasus kriminal luas yang berasal dari upaya mantan presiden AS untuk membalikkan kekalahannya dalam pemilu tahun 2020 di Georgia.

Pesawat pribadi Trump berangkat dari Bandara Internasional Newark saat ia menuju Penjara Fulton County, tempat puluhan pendukungnya menunggu kedatangannya. Dia mengatakan di media sosial bahwa dia akan menyerah sekitar pukul 19.30 waktu setempat.

Sementara itu, Hakim Scott McAfee menetapkan tanggal persidangan pada 23 Oktober untuk salah satu terdakwa, pengacara Kenneth Chesebro, setelah Jaksa Wilayah Fulton County Fani Willis, yang mengajukan tuntutan terhadap Trump dan lainnya, mengusulkan tanggal tersebut. Tanggal persidangan tersebut belum tentu berlaku untuk Trump atau 17 terdakwa lainnya.

Trump, 77 tahun, telah memasuki masa yang belum pernah terjadi sebelumnya sebagai mantan presiden AS pertama yang menghadapi tuntutan pidana. Meskipun empat kasus yang diajukan terhadapnya tidak memperlambat momentumnya sebagai kandidat terdepan dalam persaingan nominasi Partai Republik untuk mencalonkan diri melawan Presiden Demokrat Joe. Biden pada pemilu tahun depan.

Kini pengusaha yang berubah menjadi politisi yang selama bertahun-tahun menjadi pembawa acara reality show TV ini akan bergabung dengan barisan gangster Al Capone, penyanyi Frank Sinatra dan orang Amerika terkenal lainnya yang telah berpose untuk foto-foto di penjara.

"Kami ingin memakainya di kaus. Ini akan tersebar ke seluruh dunia. Ini akan menjadi gambar yang lebih populer daripada Mona Lisa," kata Laura Loomer, 30, mantan kandidat anggota Kongres dari Partai Republik yang berbaur dengan pendukung Trump lainnya di luar penjara pada hari Kamis pagi.



Salah satu orang yang paling dikenal di dunia, Trump tidak pernah dimintai foto dalam tiga kasus lainnya. Namun foto-foto palsu telah beredar secara online tak lama setelah dia pertama kali didakwa di Manhattan pada bulan Maret atas tuduhan melibatkan uang tutup mulut yang dibayarkan kepada seorang bintang porno menjelang pemilu 2016.

Setidaknya 10 orang terdakwa lainnya sudah didakwa. Rudolph Giuliani, mantan walikota New York, berwajah kaku dalam fotonya sementara pengacara Jenna Ellis tersenyum.

Ke-19 terdakwa menghadapi batas waktu hari Jumat untuk menyerah. Catatan pengadilan menunjukkan bahwa Mark Meadows, yang menjabat sebagai kepala staf Gedung Putih Trump, didakwa pada hari Kamis.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1118 seconds (0.1#10.140)