Juni, AS Sebar Sistem Rudal THAAD di Korsel

Minggu, 26 Februari 2017 - 16:06 WIB
Juni, AS Sebar Sistem Rudal THAAD di Korsel
Juni, AS Sebar Sistem Rudal THAAD di Korsel
A A A
SEOUL - Amerika Serikat (AS) kemungkinan akan menyebarkan sistem rudal THAAD di Korea Selatan (Korsel) pada bulan Juni. Demikian laporan kantor berita Yonhap mengutip Kementerian Pertahanan Korsel.

Kementerian Pertahanan Korsel mengincar lapangan golf Lotte Skyhill Country Club Seongju County, yang dimiliki oleh Grup Lotte, sebagai lokasi untuk menyebarkan THAAD. Saat ini pemerintah Korsel tengah menilai dampak lingkungannya seperti dikutip dari Sputniknews, Minggu (26/2/2017).

Hingga kini, belum diketahui dengan pasti jumlah peluncur yang akan ditempatkan di Korsel. Namun, sebuah sumber mengatakan bahwa sembilan truk peluncur akan ditempatkan. Setiap truk peluncur memuat delapan rudal.

Perjanjian untuk menyebarkan sistem rudal THAAD dicapai oleh Seoul dan Washington pada bulan Juli tahun lalu. Langkah itu muncul di tengah meningkatnya ketegangan yang dipicu oleh uji balistik dan nuklir berulang kali oleh Korea Utara (Korut).

Sistem THAAD memiliki jangkauan sekitar 200 kilometer dan dirancang untuk mencegat rudal balistik jarak pendek, menengah dan intermedate pada tahap masuk terminal. Langkah ini telah dikritik oleh negara tetangganya, China dan Rusia sebagai langkah yang tidak patut atau mungkin tidak proporsional dan mempengaruhi kepentingan negara-negara lain.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4482 seconds (0.1#10.140)