Trump Keukeuh Bangun Tembok di Perbatasan Meksiko

Sabtu, 25 Februari 2017 - 10:47 WIB
Trump Keukeuh Bangun Tembok di Perbatasan Meksiko
Trump Keukeuh Bangun Tembok di Perbatasan Meksiko
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump bersikeras untuk membangun tembok di perbatasan Meksiko. Ia bahkan berjanji tembok tersebut akan segera di bangun dan lebih cepat dari jadwal.

Dalam pidato di acara Konferensi Aksi Politik Konservatif (CPAC), Trump bersumpah untuk selalu menempatkan warga AS di urutan pertama dan akan membangun dinding perbatasan yang besar. Ia juga berjanji fokus pada membuat orang-orang buruk keluar dari AS.

"Kami sedang membangun tembok. Bahkan itu akan mulai segera dilakukan. Lebih cepat dari jadwal. Ini cara, cara, cara lebih cepat dari jadwal," katanya seperti dikutip dari BBC, Sabtu (25/2/2017).

Pernyataan Trump disambut teriakan "USA, USA, USA!" oleh mereka yang hadir dalam forum tahunan di Maryland itu.

Pernyataan Trump ini muncul sehari setelah Menteri Luar Negeri Rex Tillerson dan Menteri Keamanan Dalam Negeri John Kelly bertemu dengan rekan-rekan mereka dari Meksiko di Mexico City.

Pembangunan dinding di perbatasan ini menelan biaya USD21,5 miliar. Angka ini jauh lebih tinggi dari perkiraan biaya Trump yang menyebut USD12 miliar. Trump menyatakan memerlukan persetujuan Kongres untuk pendanaan tersebut sebelum melakukan konstruksi.

Sebelumnya, Trump menyatakan bahwa pembangunan tembok tersebut akan ditanggung oleh Meksiko. Namun Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto mengatakan dia tidak akan membiayai pembangunan tembok tersebut.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3006 seconds (0.1#10.140)