Trump Tegaskan Dukung Solusi Dua Negara

Jum'at, 24 Februari 2017 - 11:42 WIB
Trump Tegaskan Dukung Solusi Dua Negara
Trump Tegaskan Dukung Solusi Dua Negara
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan ia menyukai konsep solusi dua negara dalam konflik Israel-Palestina. Penegasan ini adalah pertama kalinya setelah sebelumnya ia menarik komitmen AS dari solusi dua negara yang mengundang kecaman dari dunia internasional.

Meski mendukung solusi dua negara, Trump menyatakan bahwa ia mendukung apa pun keputusan yang diambil oleh Palestian dan Israel.

"Saya suka solusi dua negara. Tapi saya akhirnya menyukai apa yang kedua belah pihak suka," katanya ketika ditanya apakah ia telah mencabut konsep solusi dua negara selama bersama Benjamin Netanyahu di Gedung Putih.

"Orang-orang telah berbicara hal itu selama bertahun-tahun. Hal yang sejauh ini belum bekerja. Saya suka solusi dua negara ini, tapi saya puas dengan apa pun yang disetujui oleh kedua belah pihak," tambahnya seperti dikutip dari Reuters, Jumat (24/2/2017).

Komentar Trump ini memberikan perbedaan yang halus dengan pernyataannya sebelumnya.

"Aku sedang melihat dua negara dan satu negara, dan saya suka yang kedua belah pihak suka. Saya bisa hidup dengan salah satunya," kata Trump saat konferensi pers pekan lalu.

Pernyataan Trump itu disambut dengan baik oleh Israel, namun dikecam oleh Palestina yang menginginkan kemerdekaan. Solusi satu negara akan menimbulkan masalah bagi kedua belah pihak. Solusi satu negara berarti dua sistem untuk dua orang, yang bagi warga Palestina dilihat sebagai apartheid dan pendudukan tak ada habisnya.

Sedangkan solusi dua negara berarti hak yang sama bagi semua, termasuk untuk Palestina di Tepi Barat yang dicaplok, namun itu akan berkompromi dengan karakter Yahudi Israel.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3207 seconds (0.1#10.140)