Rusia Minta Assad Hentikan Pemboman

Kamis, 23 Februari 2017 - 11:55 WIB
Rusia Minta Assad Hentikan Pemboman
Rusia Minta Assad Hentikan Pemboman
A A A
JENEWA - Rusia meminta rezim Suriah untuk menghentikan pemboman selama pembicaraan damai pekan ini Jenewa. Hal tersebut dikatakan oleh utusan PBB untuk konflik Suriah Staffan de Mistura.

"Rusia mengumumkan kepada semua orang bahwa mereka telah secara resmi meminta pemerintah Suriah untuk membungkam langit mereka sendiri selama pembicaraan damai," kata de Mistura seperti dikutip dari laman Al Araby, Kamis (23/2/2017).

Diplomat veteran ini, bagaimanapun, mengisyaratkan bahwa kemajuan ini terbatas kemungkinan. Selain itu, momentum terjadinya kesepakatan yang paling mungkin diharapakan adalah ketika delegasi rezim Suriah dan oposisi melanjutkan pembicaraan.

"Apakah saya mengharapkan terobosan? Tidak, saya tidak mengharapkan terobosan," kata de Mistura, menambahkan bahwa ia berharap babak ini dapat menyebabkan pembicaraan lebih lanjut tentang solusi politik.

Kenyataan di lapangan, baik di wilayah Suriah dan diplomatis, telah bergeser sejak pembicaraan putaran terakhir berakhir pada April 2016. Pasukan pejuang kini berada dalam posisi lebih lemah secara siginifikan setelah kalah dalam perang di Aleppo timur.

Gencatan senjata terbaru pada tanggal 30 Desember ditengahi oleh kelompok oposisi yang didukung oleh Turki dan rezim yang didukung Rusia jelang perundingan di Kazahkhstan. Perundingan ini juga melibatkan oleh Iran.

Kesepakatan itu telah mengurangi kekerasan, tetapi pertempuran berkobar lagi minggu ini termasuk kampanye pemboman pemerintah di wilayah pemberontak di sekitar Damaskus.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6314 seconds (0.1#10.140)