Teliti Mumi Menjerit, Ilmuwan Temukan Fakta Menakutkan

Selasa, 22 Agustus 2023 - 16:42 WIB
loading...
Teliti Mumi Menjerit, Ilmuwan Temukan Fakta Menakutkan
Ilmuwan temukan fakta menakutkan saat teliti Mumi Menjerit. FOTO/ THE SUN
A A A
KAIRO - Para arkeolog hingga saat ini tengah meneliti penemuan Mumi Menjerit yang tidak biasa di Mesir yang memicu banyak pertanyaan.


Mumi itu menonjol dalam beberapa hal, terutama tentang bagaimana ia diawetkan dengan ekspresi kesakitan di wajahnya, seolah-olah menjerit selamanya.

Sebelumnya, sebuah teori populer tentang asal mumi tersebut para ilmuwan telah menganggapnya sebagai tubuh Pangeran Pentewere, putra Firaun Ramses III dengan salah satu dari istri-istrinya, Tiye, The Sun melaporkan.

Tiye merencanakan membunuh Firaun tersebut dan menempatkan anaknya di singgasananya. Tetapi rencananya gagal. Para konspirator, yang bersekongkol, diadili dan Pentewere sepertinya dipaksa mengambil nyawanya sendiri.

Namun Dr. Bob Brier, seorang arkeolog di Long Island University di New York, telah memeriksa mumi tersebut dan menyarankan bahwa mungkin ada lebih banyak hal pada cerita tersebut.

“Dua kekuatan telah bertindak pada mumi ini: satu untuk menyingkirkannya dan yang lainnya mencoba untuk mengawetkannya,” katanya.

Di satu sisi, mumi itu ditutupi kulit domba, yang berarti orang itu meninggal karena aib. Juga, barang pelindung seperti pada lazimnya telah hilang dari peti mati tersebut, National Geographic melaporkan.

Namun di sisi lain, tubuh itu dimumikan untuk memastikan kehidupan setelah kematian, berdasarkan pada apa yang dipahami tentang kepercayaan orang Mesir kuno, dan dikuburkan di samping bangsawan lainnya.

“Untuk beberapa alasan, ada upaya untuk memastikan bahwa dia tidak memiliki kehidupan setelah kematian, dan dalam usaha lain, seseorang memperhatikannya dan mencoba untuk tidak mengindahkannya,” kata Brier.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2293 seconds (0.1#10.140)