AS: Kapal Saudi Dihantam Drone, Bukan Bom Bunuh Diri

Rabu, 22 Februari 2017 - 15:12 WIB
AS: Kapal Saudi Dihantam Drone, Bukan Bom Bunuh Diri
AS: Kapal Saudi Dihantam Drone, Bukan Bom Bunuh Diri
A A A
MANAMA - Seorang pejabat tinggi Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) menyatakan bahwa serangan terhadap terhadap kapal Arab Saudi, Al Madinah, bukan dilakukan oleh pembom bunuh diri. Menurutnya, serangan itu dilakukan oleh sebuah kapal drone berisi bahan peledak milik militan Houthi.

Baca Juga: Kapal Perang Saudi Diserang Houthi Yaman, 2 Pelaut Tewas

"Penilaian kami itu adalah sejenis perahu tanpa awak yang dikendalikan dari jauh," kata Kepala Pusat Komando Armada Kelima AS yang berbasis di Bahrain, Kevin Donegan seperti dikutip dari Sputniknews, Rabu (22/2/2017).

Donegan mencatat ini adalah pertama kalinya digunakan senjata jenis ini dan menunjukkan adanya bantuan asing ke Houthi. Donegan pun menyimpan kekhawatiran atas kenyataan ini.

"Itu bukan hal yang mudah untuk dikembangkan. Ada banyak kelompok teroris yang telah mencoba untuk mengembangkan itu, itu bukan sesuatu yang diciptakan oleh Houthi. Jelas ada dukungan yang datang dari orang lain, jadi itu bermasalah," kata Donegan.

Donegan percaya bahwa Garda Revolusi Iran (IRGC) terlibat dalam serangan di kapal, meskipun ia tidak berpikir jika Teheran turut mengembangkan senjata.

Kamera di dek hangar kapal berhasil menangkap serangan itu. Rekaman itu menunjukkan sebuah perahu kecil menabrak bagian belakang kapal dan meledak. Dua pelaut Saudi tewas dan tiga luka-luka akibat serangan itu.

AS pun langsung mengirimkan USS Cole ke lepas pantai Yaman sebagai tanda dukungan kepada Saudi.

Baca Juga: AS Kirim Kapal Perusak ke Lepas Pantai Yaman
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7205 seconds (0.1#10.140)