Ini Alasan Malaysia Panggil Dubes Korut

Senin, 20 Februari 2017 - 18:17 WIB
Ini Alasan Malaysia Panggil Dubes Korut
Ini Alasan Malaysia Panggil Dubes Korut
A A A
KUALA LUMPUR - Pemerintah Malaysia angkat bicara mengenai laporan adanya pemanggilan terhadap Duta Besar Korea Utara (Korut) untuk Malaysia, Kang Chol. Pemerintah Malaysia membenarkan adanya pemanggilan tersebut, dan menyebut pemanggilan ini dikarenakan pernyataan Chol.
Kementerian Luar Negeri Malaysia menuturkan, pemanggilan ini terkait dengan pernyataan Chol yang menyebut Malaysia menyembunyikan sesuatu terkait kematian Kim Jong-nam. Chol juga menyebut Malaysia berkolusi dengan negara lain, yakni Korea Selatan (Korsel) dalam hal ini.
"Karena kematian terjadi di tanah Malaysia secara misterius, itu adalah tanggung jawab dari Pemerintah Malaysia untuk melakukan investigasi guna mengidentifikasi penyebab kematian. Pemeriksaan ini telah dilakukan dengan cara yang ditentukan oleh hukum Malaysia," kata Kemlu Malaysia dalam siaran pers pada Senin (20/2).

Kemlu Malaysia menyebut, pihaknya sudah memberitahu kedubes Korut kematian Jong-nam telah diklasifikasikan sebagai kematian mendadak dan dengan demikian, proes auotopsi harus dilakukan.
Mereka juga mengatakan telah memberitahu phak kedubes Korut, setelah penyelidikan selesai, jenazah akan diserahkan kepada keluarga terdekat sesuai dengan hukum dan prosedur yang berlaku di Malaysia.

"Pemerintah Malaysia telah transparan. Kedutaan telah diinformasikan perkembangan yang terkait dengan masalah serta proses yang terlibat dalam hukum Malaysia. Untuk alasan ini, Pemerintah Malaysia memandang kritik yang dibuat oleh Duta Besar Republik Demokratik Rakyat Korea sebagai tak berdasar. Pemerintah Malaysia sangat serius menangani setiap upaya tak berdasar yang bertujuan untuk menodai reputasi kami," tukasnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3784 seconds (0.1#10.140)