Khasiat Surat Al-Jin, Pengusir Jin Sampai Ikhtiar Pelunas Utang

Senin, 21 Agustus 2023 - 18:29 WIB
loading...
Khasiat Surat Al-Jin, Pengusir Jin Sampai Ikhtiar Pelunas Utang
Ketika Surat Al-Jinn dibaca, bangsa jin melarikan diri dari tempat itu. Ilustrasi: Ist
A A A
Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam dalam bukunya berjudul "Khazanah Al-Asrar" memaparkan manfaat dari ayat Al-Quran untuk penyembuhan berbagai penyakit.

Khusus keistimewaan surat Al-Jin , Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam mengatakan barangsiapa yang meminumnya maka dia akan mengetahui apasajayang didengarnya dan dia akan dapat mengalahkan orang yang menyainginya.

Di samping itu, surat ini dapat mengalahkan gangguan jin. Dan barangsiapa yang membacanya lalu dia bertemu dengan seorang penguasa maka dia akan selamat dari kejahatannya; dan jika seorang yang dipenjara membacanya maka dia akan bebas. Jika orang yang mempunyai utang membacanya maka utangnya akan lunas.



Dalam kitab "Tafsirul Burhan" juga disebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW pernah bersabda: "Barangsiapa yang membaca surat ini (Surat Al-Jinn), maka ia memperoleh pahala memerdekakan budak sejumlah jin dan setan yang beriman kepadaku, dan juga mendustakannya. Dan ia juga aman dari (gangguan) bangsa jin."

Selain itu, ketika ia (Surat Al-Jinn) dibaca, bangsa jin melarikan diri dari tempat itu. Barangsiapa yang membacanya, sedangkan ia mendatangi penguasa yang zalim, niscaya ia akan aman darinya. Barangsiapa yang membacanya, sedangkan ia terbelenggu, maka Allah akan memudahkannya bebas. Dan barangsiapa yang membacanya dengan istikamah, sedangkan ia dalam keadaan sulit, maka Allah akan membukakan pintu kemudahan untuknya, dengan izin Allah."

Al-Jinn sendiri artinya adalah "jin". Surat yang terdiri atas 28 ayat, termasuk dalam golongan Surat Makkiyyah, dan diturunkan setelah Surat Al-A'raf. Ia diberi nama Surat Al-Jinn, karena merujuk pada lafaz al-jinn yang terdapat pada ayat pertama. Pada ayat tersebut dan ayat-ayat berikutnya menjelaskan bahwa bangsa jin telah mendengar pembacaan Al-Qur'an dan mengikuti ajaran tersebut.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1280 seconds (0.1#10.140)