9 Peluang Kerja Bidang Kedokteran Selain Dokter Umum dan Gajinya, Apa Saja?

Senin, 21 Agustus 2023 - 17:30 WIB
loading...
9 Peluang Kerja Bidang Kedokteran Selain Dokter Umum dan Gajinya, Apa Saja?
Selain Dokter, lulusan bidang Kedokteran juga bisa memilih karier sebagai peneliti untuk melakukan riset. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Jurusan Pendidikan Kedokteran merupakan salah satu prodi favorit yang punya peluang cukup menjanjikan. Passing grade yang tinggi membuat jurusan Kedokteran semakin mendominasi persaingan masuk SNBP atau SNBT. Sebenarnya bagaimana prospek kerja bidang Kedokteran selain dokter umum dan perkiraan gajinya. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ulasannya

9 Peluang Kerja Bidang Kedokteran Selain Dokter Umum dan Estimasi Gajinya

1. Dokter spesialis


Menjadi dokter spesialis membutuhkan pendidikan setara S2 dilanjutkan dengan pendidikan profesi agar kamu bisa mendapatkan gaji yang besar. Gaji dokter spesialis di atas Rp10 juta per bulan, bahkan mencapai puluhan juta rupiah.

2. Tenaga pendidik

Menjadi tenaga pendidik atau dosen yang mengajar bidang ilmu yang sama bisa menjadi pilihan kamu. Toh, gaji dosen profesional rata-rata mencapai angka Rp5 juta belum termasuk bonus dan insentif lainnya.


3. PNS


Kamu bisa bergabung dengan lembaga pemerintah untuk meningkatkan kesehatan masyarakat Indonesia sebagai praktisi atau pembuat kebijakan. Gaji PNS sesuai golongan dan jabatan masing-masing dengan nominal jutaan rupiah, kok.

4. Peneliti


Menjadi dokter yang memiliki wawasan luas bisa memilih karier sebagai peneliti. Kamu bisa mengembangkan ilmu yang dimiliki, melakukan riset dan eksperimen, serta menciptakan inovasi dalam pengembangan ilmu pengetahuan terbaru.

5. Konsultan kesehatan


Menjadi konsultan kesehatan pribadi atau bergabung dengan pihak swasta bisa menjadi pilihan karier kamu nanti. Konsultan mendapatkan gaji yang cukup besar bisa mencapai angka Rp10 juta per bulan, lho!

6. Wirausaha


Tidak hanya bisa menjadi dokter umum saja, kamu bisa mengembangkan passion di bidang usaha yang sesuai ilmu. Membuka toko obat, klinik pengobatan atau produk kesehatan bekerja sama dengan ahli farmasi yang menghasilkan omzet sendiri, kenapa tidak?


7. Penulis buku kesehatan


Manfaatkan ilmu, wawasan dan pengalaman dalam bentuk hasil karya yang dibaca banyak orang. kamu bisa menulis buku atau mengembangkan blog kesehatan yang berpotensi menghasilkan rupiah lewat royalti atau monetize blog pribadi.

8. Staf perusahaan kesehatan


Menjadi bagian pengendalian mutu produk kesehatan di perusahaan obat dan makanan dengan bayaran di atas Rp10 juta, sah-sah saja.

9. Influencer


Dewasa ini, dokter juga bisa menjadi influencer di media sosial dengan pendapatan yang besar. Selain endorse, influencer berpotensi menjadi motivator, narasumber dan pihak yang memberikan manfaat kepada para pengikut. Kamu bisa mengimplementasikan ilmu yang didapat untuk edukasi masyarakat kelak.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2902 seconds (0.1#10.140)