Koalisi AS Klaim Hancurkan Pusat Komando ISIS di Mosul

Minggu, 19 Februari 2017 - 00:07 WIB
Koalisi AS Klaim Hancurkan Pusat Komando ISIS di Mosul
Koalisi AS Klaim Hancurkan Pusat Komando ISIS di Mosul
A A A
BAGHDAD - Koalisi militer yang dipimpin oleh Amerika Serikat (AS) mengatakan pasukannya menghancurkan bangunan di kompleks utama medis Mosul barat. Diduga, bangunan tersebut digunakan sebagai pusat komando ISIS.

Namun, ISIS menyatakan bahwa serangan tersebut menewaskan sejumlah warga sipil. Dalam sebuah pernyataan di dunia maya, ISIS menyatakan serangan itu menewaskan 18 orang, sebagian besar perempuan dan anak-anak, dan melukai 47.

Koalisi AS menuding ISIS telah menggunakan gedung lima lantai itu sebagai fasilitas komando dan kontrol militer.

"Koalisi menentukan target melalui upaya intelijen, pengawasan dan pengintaian. ISIS tidak menggunakan bangunan itu untuk tujuan medis dan warga sipil tidak lagi mengakses situs tersebut," bunyi pernyataan koalisi, menggunakan singkatan Negara Islam seperti dikutip dari Reuters, Minggu (19/2/2017).

Penyerangan tersebut menyusul laporan bahwa militan ISIS menggali parit perlindungan disekitar warga sipil yang ada di sisi barat Mosul. ISIS juga menyimpan senjata di rumah sakit, sekolah, masjid dan gereja sebagai taktik untuk menghindari target serangan.

Aksi ofensif untuk mengusir ISIS dari Mosul, basis besar terakhir di Irak, dimulai pada bulan Oktober. ISIS memproklamirkan kekhalifahan gadungan pada tahun 2014 yang juga mencakup sebagian dari Suriah.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2687 seconds (0.1#10.140)