alexa snippet

Trump Pertimbangkan Terjunkan 100 Ribu Tentara untuk Tangkap Imigran

Trump Pertimbangkan Terjunkan 100 Ribu Tentara untuk Tangkap Imigran
AS mempertimbangkan untuk menerjunkan tentara untuk menangkap imigran ilegal. Foto/Istimewa
A+ A-
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dilaporkan tengah mempertimbangkan untuk memobilisasi 100 ribu tentara Garda Nasional untuk menangkap imigran ilegal. Laporan itu berdasarkan rancangan memo yang diperoleh Associated Press (AP).

AP memperoleh rancangan memo yang membutuhkan militerisasi belum pernah terjadi sebelumnya dalam menegakkan regulasi imigrasi AS. Namun jika diterapkan, gubernur di 11 negara bagian yang termasuk dalam memo tersebut yang akan memberikan kata akhir berapa banyak tentara yang akan dikerahkan.

Draft memo setebal 11 halaman itu ditulis oleh Sekretaris Departemen Keamanan Dalam Negeri John Kelly seperti dikutip dari Independent, Sabtu (18/2/2017).

Dalam draft itu negara bagian yang masuk dalam daftar adalah empat negara yang berbatasan Mexico yaitu Texas, New Mexico, Arizona, dan California. Tujuh negara bagian lainnya adalah Louisiana, Arkansas, Oklahoma, Colorado, Utah, Nevada, dan Oregon.

Sebelumnya, Presiden Donald Trump juga telah mengeluarkan perintah eksklusif yang melarang imigran dari 7 negara Muslim dan melarang pengungsi Suriah untuk masuk ke AS. Namun, perintah eksklusif itu diblokir oleh pengadilan federal dan pengadilan banding.

Baca juga:
Banding Trump Kalah, AS Bekukan Larangan Imigran

Belakangan, Trump menyatakan bahwa ia akan mengeluarkan perintah eksklusif imigran baru ketimbang memajukan permasalahan perintah eksklusif sebelumnya ke Mahkamah Agung. Trump menyatakan perintah eksklusif yang telah direvisi itu akan ditandatangani pada pekan depan.

Baca juga:
Minggu Depan, Trump Tandatangani Aturan Baru Larangan Imigran




(ian)
loading gif
Top