alexa snippet

Narapidana di Rusia Ciptakan Patung-Patung Salju Indah

Narapidana di Rusia Ciptakan Patung-Patung Salju Indah
A+ A-
OMSK - Terisolasi di dalam penjara bukan berarti tak dapat berkarya. Kreativitas itulah yang ditampilkan para narapidana di penjarapenjara Rusia. Para napi di penjara Kota Omsk, bagian tenggara Siberia, Rusia, misalnya, berhasil menciptakan patung-patung yang terbuat dari salju.

Manajemen penjara di seluruh Rusia kerap mengadakan kontes patung salju ini setiap tahun. Hasilnya, banyak para napi yang berhasil mencurahkan kreativitasnya dengan menciptakan patung-patung berbentuk mobil, buaya, karakter Masha dan Beruang, kereta Sinterklas yang ditarik dengan ayam, mobil jip buatan Jerman, Lapangan Merah yang menjadi tempat tinggal resmi Presiden Rusia, meriam, dan mamout atau gajah purba.

Berbagai karya yang dihasilkan para narapidana itu sungguh luar biasa dan unik mengingat situasi mereka tinggal di penjara yang penuh keterbatasan. Narapidana Ivan Reptyukhov yang divonis untuk kasus pembunuhan saat ini menjalani masa ketiganya di penjara. Kendati demikian, napi ini telah menjadi juara pertama dalam lomba mencipta patung salju selama dua tahun berturut-turut.

“Sangat bahagia dapat menjadi pemenang dua tahun berturut-turut. Apa yang dapat saya katakan. Saya telah memiliki rencana untuk kontes tahun depan,” ungkap Retyukhov seperti dilansir Rusia Today.

Berbagai kreasi itu muncul dari Penjara Primorsk yang terletak di bagian timur jauh Rusia. Para tahanan berhasil membuat mobil Mercedez Gelandewagen sesuai dengan ukuran asli dan satu kendaraan lapis baja atau tank dengan ukuran kecil. Patung salju berbentuk Istana Kremlin kediaman Presiden Rusia pun menjadi sensasi dalam kontes tahunan kali ini. Replika Kremlin dihasilkan para napi dari penjara di Republik Komi, bagian utara Rusia. Para napi wanita tak mau ketinggalan berkreasi.

Mereka berhasil menciptakan replika Tsar Pushka, meriam terbesar yang pernah ada di dunia. Tsar Pushka yang sebenarnya berada di dalam Kremlin. Hasil kreasi dari para tahanan dari Penjara Tver yang terletak di bagian tengah Rusia juga tak kalah menarik. Narapidana dari penjara itu membuat replika mobil polisi lengkap dengan pelat nomornya.

Adapun bagian unik dari mobil polisi salju itu adalah lampu mobil yang dapat menyala. Pengelola penjara di Rusia menyatakan perlombaan patung salju ini membangkitkan semangat dan menjadikan para napi tertarik mencurahkan kreativitas.



(esn)
loading gif
Top