alexa snippet

Tiga Kapal Perang China Rampung Manuver di Laut China Selatan

Tiga Kapal Perang China Rampung Manuver di Laut China Selatan
Kawasan sengketa di Laut China Selatan yang direklamasi oleh China. Foto / REUTERS
A+ A-
BEIJING - Tiga kapal perang China pada Jumat (17/2/2017) mengakhiri latihan tempur selama seminggu terakhir di Laut China Selatan. Manuver itu digelar tak lama setelah kapal induk tunggal China menguji senjata di wilayah sengketa di kawasan tersebut.

Armada kapal perang China yang menjalani latihan perang itu termasuk kapal perusak yang dapat meluncurkan peluru kendali. Media pemerintah Beijing, Xinhua, melaporkan ketiga kapal perang China itu kini berlayar ke arah timur Samudera Hindia dan Pasifik Barat.

Laporan itu menyebut, bahwa ketiga kapal perang China menjalani berbagai pelatihan, termasuk mengatasi serangan mendadak.

“Latihan yang ‘tanpa skrip yang diatur’ dan sedekat mungkin untuk perang secara nyata,” kata, pakar militer China, Yin Zhuo, kepada penyiar stasiun CCTV.

Menurut Yin, latihan rutin oleh angkatan laut China di laut lepas itu merupakan tren yang tidak berubah. Namun, dia mengingatkan bahwa kemampuan angkatan laut China dalam jangka panjang tidak cukup untuk mengamankan kepentingannya di perairan terbuka.

Pemerintah China pada hari Rabu lalu memperingatkan Amerika Serikat (AS) untuk tidak menentang kedaulatan Beijing di Laut China Selatan. Peringatan itu keluar setelah AS merencanakan patroli angkatan laut baru di kawasan sengketa tersebut.

AS tidak terlibat sengketa pulau di Laut China Selatan. Namun Washington menolak klaim sepihak Beijing atas hampir seluruh kawasan Laut China Selatan, termasuk tindakan China yang telah menempatkan fasilitas militer di area tersebut. AS mengklaim hanya mempertahankan status Laut China Selatan sebagai kawasan internasional yang bebas untuk navigasi oleh kapal mana pun.

Selain China, kawasan Laut China Selatan juga diklaim oleh Taiwan, Malaysia, Vietnam, Filipina dan Brunei.
(mas)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top