Benarkah Air Kelapa dapat Menurunkan Demam? Ini yang Perlu Dipahami

Minggu, 20 Agustus 2023 - 16:30 WIB
loading...
Benarkah Air Kelapa dapat Menurunkan Demam? Ini yang Perlu Dipahami
Air kelapa memiliki sifat yang menenangkan dan bisa membantu mengatasi beberapa gejala penyakit. Namun, klaim bahwa air ini secara langsung dapat menurunkan demam mungkin perlu lebih ditelaah lagi. Foto Ilustrasi/News18
A A A
JAKARTA - Air kelapa memang memiliki sifat yang menenangkan dan bisa membantu mengatasi beberapa gejala seperti dehidrasi dan kelelahan. Namun, klaim bahwa air ini secara langsung dapat menurunkan demam mungkin perlu lebih ditelaah lagi.

Demam adalah suatu kondisi terjadinya peningkatan suhu tubuh yang dapat disebabkan oleh berbagai hal, seperti mengalami infeksi, peradangan, efek vaksinasi, dehidrasi, dan lain sebagainya.

Sementara air kelapa dikenal kaya akan elektrolit seperti kalium, natrium, dan magnesium yang dapat membantu menggantikan cairan tubuh yang hilang karena demam serta mencegah dehidrasi.



Bila terpatok pada penjelasan di atas, di mana ada jenis demam yang terjadi akibat dehidrasi, maka bisakah air kelapa menjadi obat ampuh untuk demam? Guna memahami lebih jelas, simak pembahasan berikut.

Kaitan antara Air Kelapa dan Demam

Jika demam disebabkan oleh kondisi yang ringan, maka umumnya akan membaik sendiri dengan melakukan penangan mandiri seperti mengonsumsi cukup cairan, istirahat, atau pemberian parasetamol.

Untuk konsumsi cairan ketika demam, umumnya diberikan dengan bentuk air putih saja sudah cukup guna mempercepat penurunan suhu tubuh.

Meski begitu, pemberian air kelapa bukanlah hal yang dilarang. Karena pada dasarnya air ini memang punya fungsi menghilangkan dehidrasi dan juga menangkal radikal bebas.

Meskipun air kelapa memiliki manfaat untuk menjaga hidrasi dan keseimbangan elektrolit, efek langsung pada menurunkan suhu tubuh (demam) mungkin tidak begitu signifikan.



Sehingga dapat disimpulkan bahwa konsumsi air kelapa untuk menurunkan demam sebenarnya bisa saja, meskipun pada umumnya pemberian air putih sudah lebih dari cukup untuk mengurangi dehidrasi.

Manfaat Air Kelapa

Dilansir dari jurnal Potensi Efek Antiinflamasi Air Kelapa Muda, air kelapa sebenarnya sangat aman untuk dikonsumsi karena merupakan cairan steril dan menjadi satu-satunya cairan non-plasma yang memiliki kandungan paling mirip dengan cairan tubuh.

Hal tersebut membuat air kelapa menyimpan segudang manfaat, selain untuk menghilangkan dehidrasi. Di antaranya membantu menjaga keseimbangan elektrolit di dalam tubuh.

Selain itu, kalium dalam air kelapa juga dapat membantu mengendalikan tekanan darah dan mendukung kesehatan jantung. Terdapat pula serat alami yang dapat membantu merangsang pencernaan dan mencegah sembelit.

Antioksidan yang ada dalam air kelapa juga dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, yang berkontribusi pada penuaan dini dan perkembangan penyakit kronis.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1748 seconds (0.1#10.140)