alexa snippet

Hendak Dikubur, Mayat Warga Ghana Disita RS karena Belum Bayar

Hendak Dikubur, Mayat Warga Ghana Disita RS karena Belum Bayar
Dua petugas kamar mayat RS di Ghana menyita jenazah yang hendak dikubur karena keluarga mendiang belum membayar layanan kamar mayat. Foto / pulse.com.gh
A+ A-
ACCRA - Para pelayat di Accra, Ghana, pada Sabtu pekan lalu tercengang ketika para petugas kamar mayat rumah sakit (RS) tiba dan membuka peti mati. Para petugas menyita mayat di peti mati yang hendak dikuburkan karena keluarga mendiang belum membayar layanan kamar mayat RS.

Dua petugas pria dari layanan kamar mayat RS dengan santainya membuka peti mati dan memanggul mayat yang hendak dikebumikan. Keluarga mendiang dan para pelayat hanya menonton aksi penyitaan mayat tersebut.

Penyitaan itu dilakukan petugas setelah keluarga mendiang gagal membayar layanan kamar mayat RS sebesar 40 Cedi Ghana atau sekitar Rp120.000.

Menurut laporan media lokal, sengketa finansial itu kemudian diselesaikan oleh keluarga dan rekan-rekan di perusahaan tempat mendiang bekerja sebelumnya. Setelah pembayaran diselesaikan, pemakaman akhirnya dilanjutkan.

”Saya sudah berbicara dengan orang (petugas pengurus) mayat; dia adalah orang yang disiplin; itu pekerjaan pribadi yang tidak ada hubungannya dengan RS,” kata Dr Adusei Poku, direktur medis untuk RS tersebut kepada stasiun radio Adom FM, yang dikutip Kamis (16/2/2017).

Poku membela petugas kamar mayat. Menurutnya, penyitaan mayat itu menjadi hak petugas. Poku melanjutkan bahwa keluarga harus membiarkan orang-orang untuk tahu bahwa mereka mengalami kesulitan membayar layanan kamar mayat.

Sebuah pernyataan dari rumah sakit meminta masyarakat untuk “menghormati perjanjian yang dibuat antara kedua pihak, baik itu resmi atau tidak resmi”.
(mas)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top