Bakal Kalahkan Rusia, India Lesatkan 104 Satelit dengan Roket Tunggal

Rabu, 15 Februari 2017 - 10:39 WIB
Bakal Kalahkan Rusia, India Lesatkan 104 Satelit dengan Roket Tunggal
Bakal Kalahkan Rusia, India Lesatkan 104 Satelit dengan Roket Tunggal
A A A
NEW DELHI - India memecahkan rekor baru dengan meluncurkan 104 satelit dari roket tunggal yang akan berlangsung hari ini (15/2/2017). Jika berjalan mulus, India akan mengalahkan rekor Rusia yang pernah meluncurkan 39 satelit dari roket tunggal pada tahun 2014.

Peluncuran 104 satelit dari roket tunggal ini mencakup satu satelit besar dengan berat sekitar 714kg dan 103 lebih satelit kecil atau dikenal sebagai ”nano-satelit”. Sisanya satelit-satelit lain dengan total berat 664kg.

Roket akan lepas landas dari situs antariksa Sriharikota. Demikian diumumkan pihak Space Research Organization India (ISRO) yang dikutip AFP.

Dari ratusan satelit yang akan diluncurkan India itu, satu satelit observasi bumi utama dibuat di dalam negeri. Satelit lainnya dibuat di berbagai negara, seperti Kazakhstan, Belanda dan Uni Emirat Arab (UEA), serta Amerika Serikat (AS).

India saat ini menjadi berjuang mengamankan aset pasar telekomunikasinya berkembang pesat. India juga tercatat sebagai negara yang memiliki program luar angkasa yang sangat murah, yang menetapkan jadwal program luar angkasa secara teratur.

Pada tahun lalu, negara ini berhasil meluncurkan 20 satelit dengan roket tunggal.

Dalam misi orbit ke Planet Merah atau Mars, India juga mengalahkan NASA AS dari sisi biaya. Sebagai catatan, India mengirim satelit ke orbit Planet Merah pada tahun 2013 dengan biaya USD73 juta. Biaya itu jauh lebih murah dari misi serupa oleh NASA yang menghabiskan USD671 juta.

Selain itu, India bertanggung jawab untuk beberapa peluncuran satelit termurah di Bumi. Tapi ISRO tidak beristirahat pada kemenangannya. Organisasi ini berambisi meluncurkan misi ke Venus dan Jupiter dalam waktu dekat, mirip dengan rencana NASA.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4364 seconds (0.1#10.140)