Erdogan: Tujuan Utama Kami di Suriah Adalah Menghabisi ISIS

Minggu, 12 Februari 2017 - 21:49 WIB
Erdogan: Tujuan Utama Kami di Suriah Adalah Menghabisi ISIS
Erdogan: Tujuan Utama Kami di Suriah Adalah Menghabisi ISIS
A A A
ANKARA - Presiden Turki Tayyip Erdogan menyatakan, tujuan operasi Turki di Suriah bukanlah hanya membebaskan al-Bab dari tangan ISIS. Namun, juga mencakup seluruh wilayah Suriah yang berada di sepanjang perbatasan dengan Turki, termasuk Raqqa.
"Tujuan utamanya adalah untuk membersihkan daerah seluas 5.000 kilometer persegi," kata Erdogan dalam konferensi pers sebelum keberangkatannya pada kunjungan resmi ke Bahrain, Arab Saudi dan Qatar, seperti dilansir Reuters pada Minggu (12/2).
Erdogan dalam kesempatan yang sama juga menyinggung mengenai pembentukan zona aman di Suriah. Dia mengaku telah berbicara dengan pihak Rusia dan Amerika Serikat (AS) mengenai hal ini.
"Saya telah membahas ini lagi dengan pihak AS dan Rusia, dan Turki siap untuk melakukan pekerjaan infrastruktur di zona, untuk membantu mencegah migrasi dari Suriah dan memungkinkan mereka yang melarikan diri ke Turki untuk pulang kembali ke rumah mereka.
Pemimpin Turki itu kemudian mengatakan, zona aman di Suriah perlu didukung dengan turut menerapkan zona larangan terbang. Turki sendiri adalah pihak yang telah lama menganjurkan zona aman bagi warga sipil di Suriah utara.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3256 seconds (0.1#10.140)