Perangi Ekstrimis, Suriah Butuh Solusi Politik

Minggu, 12 Februari 2017 - 12:10 WIB
Perangi Ekstrimis, Suriah Butuh Solusi Politik
Perangi Ekstrimis, Suriah Butuh Solusi Politik
A A A
ISTANBUL - Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa mengatakan memerangi ekstrimis di Suriah membutuhkan solusi politik. Antonio Guterres juga mengatakan, setiap solusi dalam pertempuran melawan teroris di negara itu akan membutuhkan dukungan dari rakyat Suriah.

Komentar itu diungkapkan Guterres saat bertemu dengan Presiden Turki Recep Tayyep Erdogan di Istanbul seperti dikutip dari Independent, Minggu (12/2/2017).

Guterres mengatakan ia "bersyukur" bahwa konferensi perdamaian untuk Suriah diadakan untuk mendukung perundingan antara pemerintah Suriah dan oposisi. Konferensi ini didukung oleh Turki, Iran dan Rusia dan berlangsung di Kazakhstan.

Seorang pejabat oposisi Suriah mengatakan baik kelompok pejuang dan kelompok politik tengah mempersiapkan 20 anggota delegasi untuk menghadiri pembicaraan damai dengan pemerintah Surah di Jenewa. Pembicaraan ini ditenga oleh PBB dan akan dilakukan pada akhir Februari nanti.

Guterres saat ini tengah melakukan lawatan internasional pertamanya ke Turki, lima negara Timur Tengah dan Jerman sejak mengambil pucuk pimpinan PBB. Mantan Perdana Menteri Portugal itu mengambil alih dari Ban Ki-moon dan telah berjanji untuk membuat tahun 2017 untuk perdamaian.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5034 seconds (0.1#10.140)