Rencanakan Aksi Teror, Iran Tahan 8 WNA

Minggu, 12 Februari 2017 - 10:12 WIB
Rencanakan Aksi Teror, Iran Tahan 8 WNA
Rencanakan Aksi Teror, Iran Tahan 8 WNA
A A A
TEHERAN - Pasukan keamanan Iran telah menangkap 8 orang garis keras Sunni yang dicurigai merencanakan serangan untuk mengganggu perayaan revolusi Islam Iran pada minggu lalu. Demikian pernyataan Menteri Intelijen Mahmoud Alavi.

Alavi mengatakan delapan "Tafkiri" itu adalah orang asing, beberapa diantaranya mempunyai hubungan dengan pemimpin "Tafkiri" yang telah dibunuh di Iran. Namun ia tidak memberikan rincian dari negara mana mereka berasal.

"Takfiri" adalah kata yang digunakan oleh mayoritas kelompok Syiah Iran untuk merujuk kepada kelompok-kelompok garis keras, bersenjata Islam Sunni.

"Informasi awal ditemukan senjata Kalashnikov dan peralatan lainnya untuk melaksanakan operasi teroris di Teheran dan beberapa kota lainnya di bawah bimbingan langsung dari orang yang berbasis di negara-negara tetangga," kata Alavi seperti dikutip dari laman Reuters, Minggu (12/2/2017).

Pada bulan Agustus, Alavi mengatakan pemimpin kelompok militan Sunni di tenggara Iran yang bertanggung jawab atas serangan terhadap pasukan keamanan dan warga sipil telah tewas. Meskipun begitu tidak jelas apakah ia orang yang diduga mempunyai hubungan dengan mereka yang ditangkap.

Meskipun Alavi tidak mengidentifikasi negara mana yang dicurigai Iran memandu para tersangka, para pejabat Iran sering menuduh Arab Saudi sebagai pendukung kelompok militan Sunni garis keras ISIS.

Riyadh membantah tuduhan dan mengatakan Teheran mendestabilkan kawasan dan sponsor terorisme, tuduhan yang juga ditolak oleh Iran.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3672 seconds (0.1#10.140)