China Usir 32 Misionaris Asal Korsel

Sabtu, 11 Februari 2017 - 14:48 WIB
China Usir 32 Misionaris Asal Korsel
China Usir 32 Misionaris Asal Korsel
A A A
SEOUL - Seorang pejabat Korea Selatan (Korsel) mengatakan China telah mengusir 32 misionaris Kristen asal negara itu. Pengusiran itu dilakukan di tengah ketegangan diplomatik kedua negara terkait penyebaran sistem pertahanan rudal Amerika Serikat(AS).

Media Korsel mengatakan, 32 misionaris itu berbasis di wilayah Yanji yang berdekatan dengan Korut. Mayoritas dari mereka telah bekerja di sana lebih dari satu dekade seperti dikutip dari The Guardian, Sabtu (11/2/2017).

Sementara itu, Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Korsel mengatakan bahwa pengusiran terhadap para misionaris itu terjadi pada bulan Januari lalu. "Kementerian telah menyarankan agar kelompok misionari tentang pentingnya mematuhi hukum dan kebiasaan daerah di mana mereka bekerja," katanya.

China secara diyakini melakukan hal itu untuk membalas rencana Seoul menyebar sistem anti rudal THAAD dari AS. Korsel melakukan hal itu untuk menangkal ancaman serangan rudal dari Korut.

Namun menurut pejabat pemerintah Korsel, yang minta disembunyikan identitasnya, tidak ada indikasi hubungan langsung antara pengusiran dan ketegangan atas THAAD. "Tidak ada penjelasan resmi dari China. Tidak ada konfirmasi bahwa hal itu berkairan dengan THAAD," katanya.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3187 seconds (0.1#10.140)