Jinping Sumringah AS Akui Prinsip Satu China

Jum'at, 10 Februari 2017 - 16:18 WIB
Jinping Sumringah AS Akui Prinsip Satu China
Jinping Sumringah AS Akui Prinsip Satu China
A A A
BEIJING - Pemimpin China, Xi Jinping, memuji komitmen Amerika Serikat (AS) untuk kebijakan satu China. Ia pun menyatakan siap bekerja sama dengan AS dalam perdagangan dan investasi selama percakapan telepon dengan Presiden Donald Trump.

Jinping menyambut baik pernyataan Trump yang menyatakan ASS mendukung kebihajakan satu China. Ia juga menambahkan bahwa prinsip tersebut berada di dasar politik hubungan Beijing-Washington.

"Sebagai sebuah negara yang baik, hubungan Sino-AS sesuai dengan kepentingan vital masyarakat kedua negara," kata Jinping, seperti dikutip Sputniknews dari televisi Central China, CCTV, Jumat (10/2/2017).

"Kami siap untuk bekerja sama dengan pihak AS untuk memperkuar kerja sama yang saling menguntungkan dalam perdagangan, investasi, energi, pembangunan infrastruktur, dan untuk meningkatkan kontak dan koordinasi tentang isu-isu regional dan internasional, untuk bersama-sama menjaga perdamaian dan stabilitas internasional," sambung Jinping.

Sebelumnya, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump sepakat untuk menghormati kebijakan satu China. Hal itu diungkapkan dalam percakapan telepon dengan Presiden China Xi Jinping.

Pernyataan itu juga mengungkapkan bahwa perwakilan dari kedua negara akan terlibat dalam diskusi dan negosiasi tentang berbagai isu kepentingan bersama.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3234 seconds (0.1#10.140)