China kepada AS: Berhenti Usik Laut China Timur

Minggu, 05 Februari 2017 - 07:03 WIB
China kepada AS: Berhenti Usik Laut China Timur
China kepada AS: Berhenti Usik Laut China Timur
A A A
BEIJING - China memberikan tanggapan terhadap pernyataan Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Jim Mattis yang menyatakan akan mendukung Jepang mempertahankan Kepulauan Senkaku. Juru bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) China, Lu Kang mengatakan pernyataan Mattis bisa menggangu stabilitas regional.

"Pernyataan Menteri Pertahanan AS Jim Mattis bahwa AS tetap berkomitmen untuk mendukung klaim Jepang atas pulau-pulau Diaoyu yang disengketakan meletakkan stabilitas regional di Asia Timur berisiko," kata Kang seperti dikutip dari Sputniknews, Minggu (5/2/2017).

Menurut Kang, AS harus mengambil "sikap bertanggung jawab" terhadap pulau-pulau yang disengketakan di Laut China Timur, yang disebut Diaoyu di China dan Senkaku di Jepang.

"Kami mendesak pihak AS untuk mengambil sikap bertanggung jawab, berhenti membuat pernyataan yang salah tentang isu yang melibatkan kedaulatan kepulauan Diaoyu, dan menghindari membuat masalah lebih rumit dan membawa ketidakstabilan situasi regional," kata Kang lagi.

Sebelumnya Menteri Pertahanan AS, Jim Mattis, mengatakan Washington akan membela pulau-pulau yang disengketakan atas nama Jepang ketika mereka diserang.

Baca juga:
Mattis: AS Akan Pertahankan Pulau Jepang yang Diklaim China
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4834 seconds (0.1#10.140)