Ganjar Dinilai Berpeluang Besar Menang di Pilpres 2024 meski Tanpa Koalisi Besar

Rabu, 16 Agustus 2023 - 01:06 WIB
loading...
Ganjar Dinilai Berpeluang Besar Menang di Pilpres 2024 meski Tanpa Koalisi Besar
Bacapres Ganjar Pranowo dinilai tetap memiliki peluang besar memenangkan kontestasi Pilpres 2024, meski tanpa didukung koalisi partai politik (parpol) besar. Foto: SINDOnews/Arif Julianto
A A A
JAKARTA - Bakal calon presiden (Bacapres) Ganjar Pranowo dinilai tetap memiliki peluang besar memenangkan kontestasi Pilpres 2024, meski tanpa didukung koalisi partai politik (parpol) besar. Kondisi Ganjar mirip dengan Joko Widodo (Jokowi) pada Pilpres 2014.

“Pendukung Ganjar Pranowo harus belajar banyak dari pengalaman Pilpres 2014. Memori Pilpres tahun 2014 hampir mirip terjadi dimana calon dari PDIP mengusung Pak Joko Widodo (Jokowi) yang hanya didukung oleh dua partai besar dan punya banyak pengalaman dalam pemilihan umum di Indonesia, yaitu PDIP dan PKB,” ujar pengamat Andhika Nurwin Maulana, Selasa (15/8/2023).

Pada Pilres 2014, Prabowo Subianto didukung koalisi besar yakni Partai Gerindra, Partai Golkar, PAN, PKS, dan PBB, atau diusung jumlah partai lebih banyak daripada jumlah partai pendukung Jokowi. "Namun dengan jumlah partai besar tersebut ternyata tetap dimenangkan oleh Jokowi pada Pilpres 2014,” katanya.

Diketahui, Ganjar saat ini diusung oleh empat parpol, yakni PDIP, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Perindo, dan Partai Hanura.


Menurut Andhika, dukungan Partai Golkar dan Partai Amanat Nasional (PAN) kepada Prabowo Subianto merupakan pergeseran besar peta kekuatan dalam pilpres tahun ini. Sebab, PAN dan Partai Golkar adalah partai besar, terutama Partai Golkar yang selalu berada dalam koalisi pemerintah.

“Ini merupakan tantangan dan juga kesempatan kubu Ganjar Pranowo untuk mencari strategi dalam peningkatan figur Ganjar Pranowo ketika beberapa partai besar menjadi pendukung calon presiden lainnya,” tandasnya.

Andhika membeberkan, salah satu strategi kampanye yang digunakan Jokowi pada Pilpres 2014 adalah bagaimana cerita suksesnya dalam memimpin Kota Solo dan DKI Jakarta untuk mencalonkan menjadi presiden.


Beberapa rencana program keberhasilan Jokowi di Kota Solo dan DKI Jakarta digunakan sebagai program yang sama untuk pilpres. Namun tentu saja program-program keberhasilan tersebut dikemas dalam bentuk program tingkat nasional.

Sehingga, kata dia, masyarakat umum akan lebih mudah memahami, terutama masyarakat yang tinggal di Kota Solo atau Provinsi DKI Jakarta pada masa kepemimpinan Jokowi.

“Pak Prabowo masih kurang pengalaman dalam memimpin suatu daerah, walaupun Pak Prabowo didukung lebih banyak partai besar. Hal ini menyebabkan banyak pertanyaan yang muncul seperti apa yang gaya kepemimpinannya Pak Prabowo dalam memimpin Indonesia lima tahun ke depan,” beber Andhika.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0909 seconds (0.1#10.140)