Siap Tempur, 25 Pesawat dan 5 Kapal Perang China Dekati Taiwan

Rabu, 09 Agustus 2023 - 16:13 WIB
loading...
Siap Tempur, 25 Pesawat dan 5 Kapal Perang China Dekati Taiwan
China kerahkan banyak pesawat tempur dan beberapa kapal perang ke dekat Taiwan dalam patroli kesiapan tempur. Foto/PLA
A A A
TAIPEI - Sebanyak 25 pesawat militer, termasuk pesawat pengebom berkemampuan nuklir, dan lima kapal perang China mendekati wilayah Taiwan, Rabu (9/8/2023).

Kementerian Pertahanan di Taipei mengatakan manuver besar-besaran Beijing itu bagian dari apa yang disebutTaiwansebagai patroli "kesiapan tempur".

Bagi Taiwan, manuver puluhan pesawat dan lima kapal perang Beijing itu merupakan "serangan" kedua pada pekan ini.

Taiwan, yang diklaim China sebagai wilayahnya, telah berulang kali mengeluhkan aktivitas militer China di dekatnya selama tiga tahun terakhir.



Aktivitas itu terus digencarkan saat Beijing meningkatkan tekanan untuk mencoba memaksa pulau itu menerima kedaulatan China.

Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan bahwa mulai sekitar pukul 09.00 pagi, pihaknya mendeteksi total 25 pesawat militer China yang terlibat dalam operasi di sekitar laut, termasuk pesawat tempur J-10 dan J-16, serta H-6—pesawat pengebom yang bisa membawa bom nuklir.

Dari 25 pesawat tersebut, 10 di antaranya telah menerobos garis median Selat Taiwan, yang sebelumnya berfungsi sebagai penghalang tidak resmi antara kedua belah pihak, atau memasuki bagian barat daya Zona Identifikasi Pertahanan Udara (ADIZ) Taiwan.

"Pesawat-pesawat itu bertindak dalam koordinasi dengan lima kapal perang China yang terlibat dalam patroli kesiapan tempur," kata Kementerian Pertahanan Taiwan, seperti dikutip AFP.

Militer Taiwan, kata kementerian itu, telah mengirim kapal dan pesawat untuk berjaga-jaga.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1600 seconds (0.1#10.140)